API Banyuwangi Satu-Satunya Sekolah Pilot Seaplane Di Indonesia


pesawat seaplane API Banyuwangi
Pesawat seaplane milik Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi (via Detik.com)


Mau jadi pilot seaplane, belajarlah ke Banyuwangi. Sebab Banyuwangi bakal menjadi satu-satunya tempat pencetak Sumber Daya Manusia (SDM) pilot seaplane di Indonesia. 

Hal ini dimulai dengan adanya program baru di Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi. Program ini untuk melatih pilot-pilot dengan kualifikasi Seaplane Class Rating yang bisa mendaratkan pesawat di perairan.

Launching pesawat Seaplane milik Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi dilakukan pada Kamis (7/10/2021) oleh Direktur API Banyuwangi, Capt. Hariri dan disaksikan oleh Plt. Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Dwi Yanto.

Pesawat Seaplane adalah pesawat yang bisa lepas landas dan mendarat di air. Pesawat itu bakal menjadi cikal bakal pendidikan pilot Seaplane di Banyuwangi. 

Pesawat latih Seaplane milik API Banyuwangi menggunakan pesawat Cessna 172SP yang sudah dilengkapi floater di bawah pesawat. 

Pesawat cessna 172SP ini menjadi ikon baru Banyuwangi sebagai cikal bakal pesawat yang bisa mendarat dan terbang di perairan.

"Prioritas API Banyuwangi mendidik SDM Pilot Program Seaplane. Ini merupakan sekolah pilot pertama di Indonesia yang akan mendidik Pilot pesawat yang mendarat di perairan ini," ujar Capt Hariri, Direktur API Banyuwangi.

Adanya Seaplane, sangat dibutuhkan Karena Indonesia merupakan negara kepulauan dan tentunya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sektor pariwisata perairan di Indonesia.

"Dengan jumlah kepulauan di Indonesia sebanyak 17 ribu pulau. Maka sangat berguna sekali untuk menyambungkan langsung ke destinasi destinasi pariwisata. Bisa dibayangkan berapa biaya jika buat bandara di masing-masing kepulauan. Nantinya mereka bisa terbang dari bandara ke perairan terdekat cottage di destinasi," tambahnya.

Rencananya, operasional Seaplane Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi akan memakai Water Aerodrome di Teluk Pangpang, sebagai area tempat pelatihan mendarat dan lepas landas.

Persiapan pendidikan dan pelatihan di Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi akan dilaksanakan pada semester pertama Tahun 2022. Sementara program baru mulai dijalankan untuk melatih pilot seaplane semester kedua tahun 2022 mendatang.

Sehingga SDM Pilot Seaplane tidak perlu sekolah di luar negeri tetapi cukup sekolah di Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi. Sementara untuk persiapan mencetak pilot Seaplane, saat ini API Banyuwangi sedang mencetak Pilot Instruktur Seaplane. 

"Kita menyiapkan SDM pilot Sea Class Ranting sehingga tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri sekolahnya. Cukup di Banyuwangi," pungkasnya.


 Selengkapnya baca Detik 



Demikianlah info API Banyuwangi Satu-Satunya Sekolah Pilot Seaplane Di Indonesia

Terima kasih telah berkunjung ke Info Banyuwangi, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "API Banyuwangi Satu-Satunya Sekolah Pilot Seaplane Di Indonesia"

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online