Ada 5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri


Alasan mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri adalah Teluk Hijau
Teluk Hijau, salah satu alasan orang berkunjung ke Taman Nasional Meru Betiri (IG @pngghprdl)


Taman Nasional (TN) Meru Betiri berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Tempat ini ditunjuk sebagai taman nasional sejak tahun 1982 oleh Menteri Pertanian. Taman ini terkenal dengan hutan dan pantai yang masih terjaga keasrian dan kealamiannya. 

TN Meru Betiri memiliki 5 jenis hutan, yaitu hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa, hutan rheophyte, dan hutan hujan dataran rendah.

Yuk, simak 5 alasan kamu wajib kunjungi Meru Betiri!

1. Merupakan gudang ratusan flora

Ada berbagai macam flora yang hidup di TN Meru Betiri ini. Diperkirakan berjumlah lebih dari 500 jenis. Jenis flora yang dapat dijumpai di sini adalah pohon waru, pohon bakau, pohon nyamplung, pohon rengas, dan berbagai macam jenis pohon lainnya.

Selain itu, Meru Betiri juga merupakan habitat salah satu tumbuhan langka, yaitu Rafflesia zollingeriana, yang merupakan flora endemik di daerah ini. Tak hanya itu, di sini juga terdapat tanaman bunga dan obat-obatan. Menurut survei di tahun 2008, setidaknya ada 27 spesies anggrek di sini, lho.

Untuk kamu yang pencinta tanaman, wajib banget lihat ini!

2. Menjadi rumah bagi ratusan fauna

Selain flora, TN Meru Betiri juga merupakan tempat habitat 300 lebih fauna. Kamu dapat melihat beberapa fauna di sana dalam radius jarak aman. Hewan-hewan yang kamu dapat temukan di TN Meru Betiri adalah musang luak, rusa, bajing terbang, merak, harimau jawa, kucing hutan, macan tutul, rusa, banteng jawa, dan monyet kera.

Selain itu, di sini juga hidup burung pemangsa endemik Jawa, yakni elang jawa.

3. Kamu dapat melihat penyu bertelur secara langsung

Salah satu pantai di TN Meru Betiri, yaitu Pantai Sukamade berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Karena itu, Pantai Sukamade menjadi persinggahan 4 dari 7 jenis penyu laut di dunia untuk bertelur. Jenis-jenis penyu itu adalah penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau, dan penyu lekang atau ridel.

Di Pantai Sukamade, setiap tahunnya ada kegiatan melihat Penyu Belimbing bertelur di pesisir. Proses bertelur penyu di sana sangat alami sehingga tidak setiap saat penyu-penyu itu singgah ke Pantai Sukamade. Jika beruntung, kamu dapat melihat aktivitas itu.

Wah, kapan lagi kamu bisa melihat penyu bertelur!

4. Memiliki banyak objek wisata yang dapat kamu kunjungi

TN Meru Betiri memiliki banyak objek wisata, antara lain Pantai Sukamade, Teluk Hijau, Pantai Rajegwesi, Pantai Bandealit, Pantai Batu, dan Gua Jepang.

Di Pantai Sukamade, kamu dapat melihat penyu. Selain itu, kamu juga dapat menikmati hutan mangrove dan mengamati berbagai jenis burung.

Lalu, Teluk Hijau dinamakan seperti itu ada alasannya lho. Alasannya adalah karena air di sana berwarna biru kehijauan dikarenakan alga yang tumbuh bergerombolan di dasar teluk tersebut. Di sana ada air terjun setinggi 8 m dan spot snorkeling.

Di Pantai Rajegwesi, kamu dapat menginap di rumah penduduk, melihat aktivitas nelayan, serta melihat proses pembuatan gula merah (gula jawa) dan kerajinan batok kelapa.

Di Pantai Bandealit, kamu dapat melakukan olahraga air, seperti berenang, jet ski, maupun selancar angin karena ombak di sana cukup tenang. Selain itu, pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat berkemah.

Pantai Batu disebut begitu karena hampir seluruh bibir pantai dipenuhi bebatuan berukuran kecil hingga besar. Hantaman ombak pantai dengan bebatuan itu menghasilkan suara yang menenangkan, lho.

Lalu terakhir adalah, Gua Jepang. Gua ini diyakini menjadi bunker tentara Jepang saat masa penjajahan.

5. Ada banyak aktivitas seru yang dapat kamu lakukan di sana

Di TN Meru Betiri, kamu dapat berkeliling di kawasan hutan (jungle trekking), mengamati tumbuhan dan hewan, wisata bahari seperti bermain dengan ombak dan pasir, surfing, wisata penyu, dan wisata budaya seperti mengunjungi desa pembuatan gula merah.

Selain itu, kamu juga dapat berinteraksi dengan nelayan. Kamu dapat melihat langsung aktivitas mencari ikan, membuat perahu, dan membuat jala. Kamu juga dapat ikut berpetualang menuju laut berburu ikan di laut bersama rombongan nelayan.

Seru banget kan kelihatannya? Tunggu apa lagi, segera masukkan Taman Nasional Meru Betiri di bucket list-mu!


 Selengkapnya baca IdnTimes 



Demikianlah info Ada 5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri

Terima kasih telah berkunjung ke Info Banyuwangi, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "Ada 5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri"