Tiga Kendala Hambat Proyek Tol Probowangi


Kendala tol probowangi
Tol Probowangi (Moneter.id)


Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) masih menghadapi sejumlah kendala di lapangan. Sedianya, PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi, anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, selaku badan usaha jalan tol (BUJT) dapat memulai pekerjaan konstruksi Tol Probowangi sekitar Oktober-November 2020.
 
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan, setidaknya ada tiga kendala utama yang dihadapi BUJT.
 
Pertama adalah alokasi dana pembebasan lahan yang menjadi kendala utama terhambatnya konstruksi fisik Tol Probowangi.
 
"Kendala kedua adalah perubahan forecast trafik atau arus lalu lintas," ujar Danang, Kamis (08/04/2021).
 
Sementara kenaikan biaya konstruksi yang dipicu permintaan untuk penanganan khusus di Taman Nasional Baluran, menjadi kendala ketiga.
 
Awalnya, biaya konstruksi tol sepanjang 171,56 kilometer ini diestimasikan Rp 23,3 triliun. 
 
Namun demikian, menurut Danang, saat ini para ahli satwa sedang melakukan penelitian mengenai pergerakan endangered specied supaya dapat dilakukan mitigasi risiko yang sesuai.
 
Jalan Tol Probowangi terbagi menjadi tiga seksi. Seksi 1 Probolinggo-Besuki (29,6 kilometer), Seksi 2 Besuki-Bajulmati (110,875 kilometer), dan Seksi 3 Bajulmati-Ketapang (31,041 kilometer).
 
Jalan bebas hambatan berbayar ini akan menjadi titik akhir jaringan Jalan Tol Trans-Jawa. Konsesi untuk pembangunan jalan tol ini adalah 35 tahun.
 
Sebelumnya diberitakan, PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi masih menunggu penyerahan sebagian lahan dari BPJT.
 
Paket 1 akan dikerjakan oleh KSO PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, Paket 2 dikerjakan oleh KSO PT Adhi Karya (Persero) Tbk-PT Nindya Karya (Persero) dan PT Brantas Abipraya (Persero).
 
Sedangkan Paket 3 dikerjakan oleh KSO PT PP (Persero) Tbk dan Gorip Nanda Guna. Konstruksi Jalan Tol Probowangi secara keseluruhan direncanakan bisa selesai pada 2025 mendatang.


 Selengkapnya baca Kompas 



Demikianlah info Tiga Kendala Hambat Proyek Tol Probowangi

Terima kasih telah berkunjung ke Info Banyuwangi, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "Tiga Kendala Hambat Proyek Tol Probowangi"

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online