Banyuwangi Festival 2021 Diluncurkan, ada 102 Event digelar secara hybrid


Banyuwangi Festival 2021 diluncurkan.
Peluncuran Banyuwangi Festival 2021 (via Antaranews)

Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur meluncurkan 102 agenda festival yang akan digelar sepanjang tahun 2021. Pada masa pandemi, gelaran festival akan dilaksanakan secara hibrid.

Sistem hibrid memungkinkan gelaran festival dilaksanakan memadukan pertunjukan langsung dan virtual. Guna meningkatkan pengalaman virtual (virtual experience), fasilitas 360° juga disediakan tak hanya di gelaran festival, tetapi juga di sejumlah destinasi wisata.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam peluncuran Banyuwangi Festival 2021 di Banyuwangi. Hadir pula secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomoi Kreatif Sandiaga Uno yang secara simbolis membuka rangkaian acara Banyuwangi Festival 2021.

”Pariwisata saat ini kondisinya benar baru. Dalam tiga tahun terkahir, Banyuwangi diaperasiasi sebagai kota pariwisata terbaik nasional. Namun, kondisi pandemi membuat segalanya berbeda. Oleh karena itu, kami hadirkan Colorful Hybrid Concept sebagai konsep baru berwisata di Banyuwangi,” tutur Anas yang pada saat itu menjalankan hari terakhirnya sebagai Bupati Banyuwangi.

Colorful Hybrid Concept, lanjut Anas, merupakan konsep wisata yang memadukan pariwisata konvensional dengan pengalaman virtual secara daring. Melalui konsep ini, wisatawan yang tidak bisa berkunjung ke Banyuwangi dan tidak sempat mengikuti agenda wisata yang sedang diselenggarakan masih dapat menikmatinya dari tempat tinggalnya masing-masing.

Konsep ini juga memberikan ruang kepada wisatawan agar tetap aman dari penularan Covid-19 karena mereka tidak perlu berkerumun. Dengan fasilitas 360° yang disediakan, wisatawan bisa merasa seolah-olah benar-benar berada di lokasi festival atau destinasi wisata.

Tak hanya itu, melalui fitur yang ditanam pada aplikasi Banyuwangi Tourism, pelaku UMKM juga bisa menjajakan dagangannya. Dalam aplikasi tersebut disajikan animasi virtual pasar 3D yang memungkinkan pengguna melakukan interaksi, seperti berjalan berkeliling hingga melakukan pembelian.

”Konsep ini bukan soal gagah-gagahan, keren-kerenan, atau siapa yang lebih dulu. Kami menghadirkan ini semata-mata agar UMKM dan pelaku wisata dapat segera bangkit. Ini merupakan strategi pemasaran gaya baru pada masa pandemi,” tutur Anas.

Colorful Hybrid Concept merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk mengisi kekosongan geliat pariwisata akibat pandemi. Kekosongan tersebut diisi dengan upaya promosi yang atraktif melalui teknologi.

”Saat wisatawan tidak bisa berkunjung ke Banyuwangi, kami justru memapar mereka dengan atraksi dan keindahan Banyuwangi. Harapannya, mereka semakin tertarik dan ingin merasakan keindahan Banyuwangi secara nyata. Nanti setelah pandemi mulai reda, barulah mereka akan berkunjung ke Banyuwangi,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banyuwangi Yanuarto Bramuda.

 Selengkapnya baca Kompas.id 



Demikianlah info Banyuwangi Festival 2021 Diluncurkan, ada 102 Event digelar secara hybrid

Terima kasih telah berkunjung ke Info Banyuwangi, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "Banyuwangi Festival 2021 Diluncurkan, ada 102 Event digelar secara hybrid"

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online