Bupati Anas Mendorong Warga Banyuwangi Manfaatkan Tanah Pekarangan Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan


Banyuwangi dorong warga manfaatkan pekarangan untuk ketahanan pangan
Bupati Azwar Anas dorong warga manfaatkan pekarangan untuk diversifikasi pangan (via Detik.com)


Dimasa pandemi seperti sekarang ini, ketahanan pangan menjadi salah satu perhatian Pemkab Banyuwangi. Untuk itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas terus mendorong warga untuk mengembangkan pertanian organik memanfaatkan pekarangan atau lahan.

Pertanian organik merupakan sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis.

Bupati Anas pun melakukan kunjungan ke Desa Karangsari Sempu untuk melihat aktivitas pertanian warga setempat, Kamis (7/1/2021).

Melalui kelompok masyarakat (pokmas) Citra Lestari, warga di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu memanfaatkan lahan menjadi pekarangan pangan melalui program Pekarangan Pangan Lestari (PPL).

"Pangan bisa menjadi alternatif lapangan pekerjaan dan pendapatan di masa pandemi, karena menjadi kebutuhan paling mendasar setiap orang," kata Anas kepada detikcom.

Di Desa Karangsari, warga memanfaatkan PPL dengan menanami berbagai tanaman organik seperti ubi, kacang tanah, tomat, cabai, terong, jahe, temulawak, dan lainnya. Proses penanaman dilakukan secara organik menggunakan pupuk organik.

Menurut Anas kecenderungan saat ini terutama di masa pandemi, masyarakat lebih hati-hati dalam memilih makanan. Kecenderungan masyarakat saat ini lebih memilih bahan-bahan makanan yang organik.

"Saat ini, masyarakat terutama di perkotaan cenderung lebih memilih makanan yang organik. Meskipun harganya mungkin lebih mahal. Karena itu pekarangan organik yang dikelola langsung oleh warga seperti ini bisa dikembangkan," kata Anas.

Anas lalu mencontohkan aktivitas lain warga di Desa Karangsari, Sempu yang berhasil menanam kelengkeng di lahannya. Ada puluhan pohon klengkeng jenis new crystal di lahan seluas satu hektar tersebut.

"Ini memang salah satu kelengkeng unggul. Kelengkengnya manis, seperti matoa. Airnya tidak bikin serak batuk," kata Kepala Dinas Pertanian, Arief Setyawan menerangkan kepada Bupati Anas saat melakukan panen kelengkeng di kawasan tersebut.

Ditambahkan Anas, pihaknya akan mendorong Dinas Pertanian untuk melakukan pembudidayaan tanaman dengan cara memanfaatkan lahan atau pekarangan. Diversifikasi tanaman semacam itu bisa meningkatkan ketahanan warga.

"Program semacam ini bisa dijadikan program desa karena hasilnya jelas, yaitu memenuhi kebutuhan pangan, dan menambah ekonomi rumah tangga terutama di masa pandemi seperti saat ini," tambahnya.



 Selengkapnya baca Detik 


Demikianlah info Bupati Anas Mendorong Warga Banyuwangi Manfaatkan Tanah Pekarangan Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan

Terima kasih telah berkunjung ke Info Banyuwangi, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "Bupati Anas Mendorong Warga Banyuwangi Manfaatkan Tanah Pekarangan Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan"

loading...