Bahas Desa Wisata di Jakarta, Menparekraf Sandiago Uno Sebut Bupati Anas Sebagai Bupati Legendaris Yang Mampu Menumbuhkan 5,3 Pelaku UMKM Banyuwangi


Menparekrat bahas desa wisata bersama Bupati Banyuwangi
Menparekraf Sandiago Uno bahas desa wisata dengan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas (via Tribunnews.com)

Kagum atas kesuksesan Banyuwangi mengembangan desa wisata, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengundang Bupati Abdullah Azwar Anas ke Ibu Kota.

 

Gayung bersambut, keduanya pun bertemu dan berdiskusi di Restoran Lara Djonggrang, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (12/1/2021).

 

Dalam diskusi tersebut, keduanya membahas mengenai awal mula hingga kiat suksesnya pria yang akrab disapa Anas itu mengembangkan desa wisata, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Banyuwangi.

 

Sebab diketahui, pengembangan desa wisata dan UMKM meningkat pesat sejak Anas memimpin Kabupaten Banyuwangi selama satu dekade belakangan.

 

Pertemuan tersebut secara langsung disambut gembira Sandi.

 

Dirinya bahkan menyebut Anas sebagai 'Bupati Legendaris' yang mampu menumbuhkan geliat UMKM dari semula sebanyak 400.000-500.000 menjadi sebanyak 5,3 juta pelaku UMKM.

 

"Bersama 'Bupati Legendaris', Bupati Banyuwangi yang menjadi acuan bagaimana pariwisata dan ekonomi kreatif daerah bisa bangkit dari hanya 400.000-500.000 sekarang jadi 5,3 juta," ungkap Sandi bersemangat.

 

"Dan ini membuka lapangan kerja yang luar biasa sekali, tadi kita bertukar pikiran, saya menyerap banyak sekali," tambahnya.


 

Hal serupa disampaikan Anas.

 

Dirinya mengaku gembira atas undangan dan pertemuannya langsung dengan Sandi.

 

Apalagi, Sandi yang diketahui merupakan menteri Jokowi dalam Kabinet Indonesia Maju justru bersedia mendengar langsung dari pejabat setingkat bupati seperti dirinya.

 

"Saya kira tantangan Pak Menteri sekarang ini luar biasa, dan kami mengapresiasi kerja cepat Pak Menteri-Pak Sandi yang turun mau mendengar dari berbagai sumber," ungkap Anas.

 

"Ini sangat luar biasa, beliau mau mendengar dari mantan-mantan menteri termasuk ingin mendengar cerita kami dari kampung," tambahnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Anas mengungkapkan sejumlah materi yang dibahas dalam diskusi, mulai dari pemberdayaan desa wisata hingga Dana Alokasi Khusus (DAK) bagi pelaku seni budaya dan desa wisata.

 

 

Begitu juga dengan sejumlah tantangan dalam mengembangkan desa wisata dan potensi wisata desa.

 

"Beliau tadi menyampaikan bagaimana program rencana DAK yang akan memberikan ruang bagi pelaku seni budaya dan wisata desa untuk bisa bangkit dan hidup," jelas Anas.

 

"Tentu ini angin segar bagi daerah, dan mudah-mudahan ke depan bisa dieksekusi oleh Pak Menteri yang baru," ungkapnya dibalas Sandi dengan senyum sumringah.

 

Pertemuan yang singkat tersebut diungkapkan Sandi akan dibalas dengan kunjungannya ke Banyuwangi pasca penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat DKI Jakarta. Termasuk bertemu dengan para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

 

"Kami tunggu dengan senang hati," balas Anas.  



 Selengkapnya baca Tribunnews 



Demikianlah info Bahas Desa Wisata di Jakarta, Menparekraf Sandiago Uno Sebut Bupati Anas Sebagai Bupati Legendaris Yang Mampu Menumbuhkan 5,3 Pelaku UMKM Banyuwangi

Terima kasih telah berkunjung ke Info Banyuwangi, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "Bahas Desa Wisata di Jakarta, Menparekraf Sandiago Uno Sebut Bupati Anas Sebagai Bupati Legendaris Yang Mampu Menumbuhkan 5,3 Pelaku UMKM Banyuwangi"

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online