Seluruh Tempat Wisata Banyuwangi Ditutup 4 Hari, Warga Banyuwangi Rayakan Tahun Baru 2021 Bakar Ikan


Pasar ikan Muncar. Warga Banyuwangi borong ikan untuk acara tahun baru  (via Faktualnews.co)


Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengumumkan bahwa seluruh tempat wisata akan ditutup mulai 31 Desember 2020 – 3 Januari 2021.

“Demi keamanan dan kenyamanan bersama, dalam konsistensi penerapan protokoler kesehatan Covid 19, maka seluruh destinasi wisata Banyuwangi sementara ditutup,” seperti tertera dalam unggahan akun Instagram @banyuwangi_tourism, Selasa (29/12/2020).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu (30/12/2020), penutupan tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 selama libur Tahun Baru.

Adapun, penutupan seluruh tempat wisata di Banyuwangi juga mencakup Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen dan Taman Nasional (TN) Alas Purwo. Kendati demikian, khusus untuk TN Alas Purwo, menurut unggahan akun tersebut pada Rabu, tempat wisata tersebut tutup mulai hari ini. Meski begitu, keduanya sama-sama ditutup untuk keasrian lingkungan yang untuk sementara waktu akan terhindar dari manusia.

“TWA Kawah Ijen ditutup sementara untuk memberikan ruang bernafas bagi alam dari kerumunan manusia serta sebagai upaya evaluasi penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) di sekitar kawasan TWA Kawah Ijen,” tulis akun @banyuwangi_tourism.

Tidak hanya itu, penutupan seluruh tempat wisata juga tertera dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi Nomor 210/SE/STPC/2020,  tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat Dalam Rangka Pencegahan ovid-19 Pada Masa Libur Tahun Baru 2021.


Pasar Ikan Laris Diserbu Warga Yang akan Merayakan Tahun Baru Bakar Ikan


Di sisi lain, sebagian masyarakat Banyuwangi merayakan pergantian tahun baru dengan cara berbeda. Yaitu bakar ikan bersama keluarga.

Hal ini menyebabkan persediaan ikan di pasar tradisional menjadi langka, dan kalaupun ada, harganya naik

Seperti di Sentral pasar ikan Muncar Banyuwangi, ramai menjelang pergantian malam tahun baru 2021.

Karena banyak masyarakat yang berburu ikan untuk dibakar saat merayakan malam pergantian tahun baru di tengah pandemi Covid-19, bersama teman atau keluarga di rumah.

“Alhamdulilah, penutup tahun ini ramai pembeli yang cari ikan untuk dimasak saat malam tahun baru,” kata salah seorang pedagang, Nurul Hotimah, Kamis (31/12/2020) seperti dilansir Faktualnews.co.

Ia mengungkapkan ada peningkatan pembeli hingga 70 persen dibandingkan hari biasanya.

“Meningkat drastis dibandingkan kemarin, banyak juga pembeli dari luar Banyuwangi,” tandas Hotimah.

Sementara salah satu pembeli, Kholifa mengatakan ia memilih beli ikan langsung ke Muncar karena banyak pilihan jenisnya

“Saya jauh-jauh memilih beli disini. Selain harganya lebih murah juga banyak pilihan jenis ikanya, dari mulai kerapu, cumi besar, dan banyak lagi lainnya,” kata perempuan asal Songgon Banyuwangi.

“Sesuai edaran Bupati kemarin yang tidak memperbolehkan kita rekresasi atau ke tempat tempat ramai, maka kami memilih untuk berkumpul keluarga sambil menikmati bakar ikan segar ini mas, mangkanya Saya borong 20 Kg untuk nanti malam,” pungkasnya.

Pantas saja, harga ikan di pasar pada naik.



Demikianlah info Seluruh Tempat Wisata Banyuwangi Ditutup 4 Hari, Warga Banyuwangi Rayakan Tahun Baru 2021 Bakar Ikan

Terima kasih telah berkunjung ke Info Banyuwangi, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "Seluruh Tempat Wisata Banyuwangi Ditutup 4 Hari, Warga Banyuwangi Rayakan Tahun Baru 2021 Bakar Ikan"