Quantcast

Rogojampi Selayang Pandang

classic Classic list List threaded Threaded
1 message Options
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Rogojampi Selayang Pandang

Forum Banyuwangi
Administrator
Rogojampi adalah sebuah kecamatan yang berjarak 15km ke arah timur dari Banyuwangi yang memilki 18 desa, yaitu : Aliyan, Blimbingsari, Bomo, Bubuk, Gintangan, Gitik, Gladag, Kaligung, Kaotan, Karangbendo, Karangrejo, Kedaleman, Lemahbangdewo, Mangir, Patoman, Pengantigan, Rogojampi, dan Watukebo. (sumber : id.wikipedia.org)

Rogojampi google map

Beberapa potensi yang terdapat di Rogojampi diantaranya adalah :

BLIMBINGSARI

Nama asli Blimbingsari adalah Banyualit yang diganti kira-kira tahun 60-an. Desa ini terletak di pesisir timur pulau Jawa. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani dan nelayan. Penduduknya mayoritas terdiri dari empat suku, yaitu Osing, Jawa Bali dan Madura. Desa ini terkenal dengan wisata pantainya dan ikan bakarnya. Kini Desa Blimbingsari telah difasilitasi dengan Bandar Udara Blimbingsari yang telah diresmikan pada Desember 2010 lalu. (id.wikipedia.org)

http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1560276&page=3

Ruang tunggu Bandara Blimbingsari

Pantai Blimbingsari
Pantai Blimbingsari terletak di Kecamatan Rogojampi,Banyuwangi, Jawa Timur.Pantai Blimbingsari terletak kira – kira 15 km ke timur dari kota Rogojampi dan 23 km, di selatan dari kota Banyuwangi ,Jawa Timur. Aksesnya yang mudah karena dapat dilalui oleh kendaraan apa saja membuat pantai Blimbingsari selalu menjadi pilihan berlibur di akhir pekan, selain itu juga masih satu jalur dengan Bandar udara Blimbingsari. (http://www.tempatlibur.com/keindahan-pantai-blimbingsari-di-selatan-banyuwangi/)
Suasana di Pantai Blimbingsari


Kencak berarti menari jadi kuda ini memang bisa menari dan disuruh apa saja, termasuk duduk,sujud/bersimpuh,salaman, juga badan terbalik dengan kaki diatas, biasanya kuda ini mengiring atau dipakai membawa anak kithanan sambil menari-nari mengikuti irama musik kuntulan, kuda ini bisa ditemui di pantai Blimbingsari banyuwangi dan bisa disewa dengan biaya yang cukup murah.
(http://itikbanyuwangi.blogspot.com/2012/01/jaran-kencak-banyuwangi.html)

Ikan bakar Blimbingsari
Ikan Bakar Blimbingsari yang lezat


ALIYAN


Desa Aliyan terkenal dengan tradisi meminta keselamatan dan panen melimpah dengan ritual Keboan. Meski namanya Keboan, ritual ini tidak menggunakan hewan kerbau sebagai sarana upacara. Kerbau yang digunakan adalah binatang jadi-jadian berupa manusia berdandan mirip kerbau, lalu beraksi layaknya kerbau di sawah.

Keboan desa Aliyan
Dua orang warga didandani seperti kerbau pembajak sawah yang diarak keliling saat Kebo-keboan di Desa Aliyan, Rogojampi, Banyuwangi. Tradisi turun-temurun Suku Osing tersebut dilakukan sebelum memulai masa bercocok tanam dan merupakan wujud syukur atas hasil panen yang melimpah. (http://www.antarafoto.com/peristiwa/v1263101403/kebo-keboan)

PATOMAN

Desa Patoman memiliki 3 dusun, yaitu : - Patoman Tengah. Mayoritas penduduk di dusun Patoman Tengah adalah Hindu Bali dan penduduk lokal di Kecamatan Rogojampi sering menyebutnya Kampung Bali, karena banyak dihuni warga keturunan Bali yang tetap mempertahankan budaya Bali. - Patoman Timur. Mayoritas penduduk di dusun Patoman Timur adalah Kampung Madura atau sering disebut daerah rowoan. - Patoman Barat. Mayoritas penduduk di dusun Patoman Barat adalah Suku Jawa. Di sini terdapat Pantai Blibis dan Pantai Gringsing yang memiliki view laut biru yang tenang dan indah, sehingga layak dijadikan tempat rekreasi keluarga. Serta memiliki hamparan sawah, pohon kelapa, dan kakao, serta banyaknya ternak, maka tak salah dikembangkan sebagai intergrated farming (pertanian terpadu). Pemandangan laut di Pantai Blibis maupun Pantai Gringsing tidak kalah dengan Pantai Blimbingsari. Ombak dipantai itu juga relatif tenang sehingga cocok untuk memancing, berkeliling naik perahu, santai di tepi pantai bersama keluarga. (http://jawatimuran.wordpress.com/2012/06/25/desa-pecahan)


(bersambung)
Loading...