Pembangunan Tol Probowangi 173 KM Bakal Melewati Terowongan, Diperkirakan Selesai 3 Tahun Lagi


Tol Probowangi akan melewati terowongan
Ilustrasi terowongan tol (cnbcindonesia.com)


Pembangunan ruas tol Probowangi (Probolinggo-Banyuwangi) sepanjang 173 KM yang sempat terhenti karena merebaknya pandemic Covid-19, kembali dilanjutkan.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, pemerintah sedang menyelesaikan pembangunan infrastruktur  tol tersebut, karena terdampak positif menarik investor untuk berinvestasi di dalam negeri.

"Kalau jalan tol Trans jawa saya sampaikan ada 1.220 km, sekarang sudah sampai ke Probolinggo, tinggal Probolinggo-Banyuwangi 173 km, mudah-mudahan segera kita mulai," kata Basuki dalam video conference, Sabtu (27/6/2020), seperti dilansir dari portal CNBC Indonesia.

Untuk itu, PT Jasa Marga (Persero) tengah menyiapkan kelanjutan proyek Tol Probowangi yang menjadi batas ujung timur jaringan Tol Trans Jawa.

Proyek senilai Rp 23 triliun ini akan dibangun terowongan menembus bukit yang menjadi penghubung ruas tol, dan ditargetkan selesai dalam 2-3 tahun ke depan.

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur menjelaskan bahwa penentuan lokasi (Penlok) proyek ini sudah rampung. Dari Penlok tersebut, rute Tol Probowangi bakal menembus bukit yang biasa digunakan sebagai lokasi latihan militer.

"Kalau Penlok dan alignment-nya sudah fix. Kemudian tempat latihan tentara juga sedang didiskusikan, mungkin ada terowongan di bawah," kata Subakti Syukur di sela rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI, Selasa (30/6/20).

"Hanya masalahnya memang nanti ketika lewat Paiton, pembangunannya itu ada teknologi khusus untuk peledakan bukitnya," lanjutnya.

Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Arsal Ismail menambahkan bahwa Tol Probowangi secara keseluruhan membentang sepanjang 172 Km. Dia mengusulkan bahwa proyek ini dibangun dalam beberapa sesi.

"Sekarang ini kita lagi mengajukan ke government kalau bisa financial close-nya per sesi. Karena kalau sampai ke ujung itu gede banget. Kondisi sekarang, debt to equity ratio masih ada room tapi masih butuh waktu. Jadi kami mengusulkan lagi bicara dengan pihak pemerintah agar per seksi," tandasnya.

Saat ini proses pembebasan lahan masih berlangsung. Selain itu, secara bersamaan pihaknya juga tengah membahas mengenai konsorsium kontraktor proyek ini.

"Nah dari 172 Km itu nantinya kita akan bagi 3 seksi, yakni seksi 1, seksi 2, seksi 3, supaya pembangunannya katakanlah dalam 2-3 tahun itu simultan bisa selesai. Dalam jangka 2-3 tahun kalau di dalam proyeksinya itu, tetapi kita asumsinya setelah tanahnya bebas dulu," katanya.

Setidaknya, Jasa Marga sudah menyiapkan 3 seksi pembangunan. Dari 3 seksi tersebut nantinya dibangun secara simultan, masing-masing seksi meliputi beberapa paket pekerjaan.

"Dan seksi 1 kami sudah mulai bentuk ada paket 1, paket 2, paket 3 kurang lebih 30 Km dari Probolinggo. Seksi 1 kita lagi proses lebih mendalam, sekarang sudah dibahas secara prioritas oleh pemerintah," urainya.

Untuk diketahui tol Trans Jawa memiliki panjang sekitar 1.220 km, yang sudah beroperasi tercatat ada 22 ruas sepanjang 1.002 km dan sekitar 218 km masih dalam tahap penyelesaian. Sedangkan untuk ruas Pasuruan Probolinggo sepanjang 45 km masih dalam tahap konstruksi. 

loading...

0 Response to "Pembangunan Tol Probowangi 173 KM Bakal Melewati Terowongan, Diperkirakan Selesai 3 Tahun Lagi"