Kolaborasi Pemkab Banyuwangi Dan Go-Jek Untuk Tingkatkan Layanan Publik


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi menggandeng Go-Jek untuk meningkatkan layanan publik. Perluasan kolaborasi ini merupakan tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak, Oktober lalu di Banyuwangi.

Go-Jek di Banyuwangi.

Perluasan kolaborasi ini meliputi sektor kesehatan, UMKM dan layanan transportasi.

Bupati Banyuwangi Azwar Anas mengatakan bahwa pemanfaatan teknologi tidak dapat dihindari dan pemerintah daerah harus dapat memanfaatkannya untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Kami mengapresiasi dan menghargai upaya Go-Jek yang mau bersama-sama memikirkan langkah strategis untuk membantu masyarakat Banyuwangi. Tidak hanya membantu pelayanan publik, tetapi juga membantu pelaku usaha memperluas pasarnya,” ujar Azwar Anas di acara peresmian kerjasama Go-Jek dan Banyuwangi, di Jakarta (15/11/2017).

Azwar Anas melanjutkan, melalui kolaborasi ini Pemkab Banyuwangi percaya akan membawa dampak positif bagi masyarakat Banyuwangi, terutama pekerja sektor informal, UMKM, pelaku usaha transportasi dan masyarakat umum. 

“Kami di Banyuwangi percaya bahwa hanya lewat pemerintahan yang kolaboratif, kita bisa mempercepat peningkatan kualitas layanan publik sekaligus membantu masyarakat terus berkembang,” tutur Azwar Anas.

Kolaborasi antara Go-Jek dan Pemkab Banyuwangi, meliputi: dukungan pengantaran obat untuk program “Gancang Aron”, yaitu program layanan pengiriman obat ke rumah masyarakat yang sedang sakit, dan khusus bagi warga miskin akan disubsidi oleh pemerintah kabupaten Banyuwangi.

“Gancang Aron” dalam Bahasa setempat berarti lekas sembuh. Selain itu, terdapat program kolaborasi pengenalan dan promosi UMKM kuliner Banyuwangi melalui pesta kuliner Go-Food dan kerja sama dengan perusahaan taksi lokal.

Menurut CEO Go-Jek Nadiem Makarim, Gojek selalu terbuka untuk berdiskusi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Kami memiliki berbagai solusi teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat. Kami juga membuka ruang kolaborasi yang pro inovasi, seperti kolaborasi dengan Pemkab Banyuwangi ini,” kata Nadiem.

Kolaborasi ini juga memperkuat komitmen Go-Jek dalam memberikan dampak sosial positif kepada masyarakat.

Berikut adalah detail kolaborasi antara Go-Jek dengan Pemkab Banyuwangi:
1. Sektor Kesehatan
–   Dukungan Go-Jek untuk memperkuat armada pengantaran obat ke rumah pasien.
–   Pembangunan shelter khusus Gojek di RSUD Banyuwangi untuk program Gancang Aron.
–   “Gancang Aron”, singkatan dari Gugus Antisipasi Cegah Antrian Panjang dengan Antar Obat Pasien, sebuah layanan yang dibentuk oleh RSUD Blambangan Banyuwangi dan Pemkab Banyuwangi untuk mengantarkan obat langsung ke rumah warga yang sedang sakit. Khusus bagi gakin (warga miskin), biaya akan disubsidi oleh Pemkab Banyuwangi.
2. UMKM Kuliner
–      Pengenalan dan promosi UMKM kuliner melalui ‘Pesta Kuliner Go-Food’
–      Diikuti 35 UMKM kuliner Banyuwangi dan digelar mulai 15 – 17 Desember 2017
3. Transportasi
–      Kerja sama dengan taksi lokal untuk memperkuat armada Go-Car
–      Kesempatan bagi taksi lokal untuk menambah order dan meningkatkan pendapatan. (Selular.id)



loading...

0 Response to "Kolaborasi Pemkab Banyuwangi Dan Go-Jek Untuk Tingkatkan Layanan Publik"