Budayawan Hasnan Mendapat Penghargaan Maestro Seni Tradisi dari Kemdikbud


Budayawan Banyuwangi Hasnan Singodimayan mendapatkan penghargaan dari negara. Hasnan atau yang akrab disapa 'anang' tahun ini oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ditetapkan sebagai salah satu Maestro Seni Tradisi 2017. Penghargaan ia dapat atas ketekunannya melestarikan seni tradisi Using melalui dunia sastra.

Hasnan Singodimayan, budayawan Banyuwangi.

Di kalangan budayawan dan sastrawan muda Banyuwangi, Hasnan dianggap sebagai "sumur tanpa dasar". Karya-karyanya pun sudah sering diterbitkan baik dalam bentuk makalah, esai, cerpen, novel, dan sebagainya. Melalui karya-karya tersebut ia ingin memotret kondisi sosial-budaya Using dan mengomunikasikannya ke masyarakat umum.

Menurutnya jika ada tulisan yang dianggap kurang benar dalam mendeskripsikan sosial-budaya Using atau Banyuwangi, cara untuk meluruskannya adalah melalui tulisan pula. "Kalau (ada) tulisan menyimpang, cara meluruskan juga harus dengan tulisan. Buatlah novel yang lebih baik dan benar. Dengan demikian nanti akan terjadi diskursus di masyarakat. Mendorong iklim dialog yang brilian, egalitarian, jernih, dab tanpa prasangka. Cara demikian, membuat kebudayaan dinamis dan berkembang. Menggugat secara hukum dan demo itu bukan cara bijaksana," ungkapnya.

Ia menambahkan, keterbukaan dan dialogial, adalah akar budaya Using. Masyarakat Using tak menutup diri. Budaya yang masuk akan diserap lalu dipadukan dengan budaya asli hingga seeringkali melahirkan format budaya baru.

Dalam menerima penghargaan itu Hasnan didampingi oleh Abdullah Fauzi, salah satu staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Penghargaan ini memang digelar setiap tahun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai tanda komitmen yang kuat untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan bangsa Indonesia agar tetap mangakar dengan cara menghargai tokoh/insan Indonesia yang secara konsisten terus berkarya dan berkontribusi secara aktif dan intens.

loading...

0 Response to "Budayawan Hasnan Mendapat Penghargaan Maestro Seni Tradisi dari Kemdikbud"