Keteladanan Bupati Anas, Sambangi Pemimpin Banyuwangi Terdahulu Untuk Jaga Silaturahmi


Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas terus menjalin silaturahim dengan para pendahulunya. Setelah bertemu dengan Ny Erna Samsul Hadi, istri bupati Banyuwangi periode 2000-2005, almarhum Samsul Hadi; Anas menyambangi mantan Bupati Ratna Ani Lestari di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Wanita, Kota Malang, Senin (5/6). Ratna adalah bupati Banyuwangi pada periode 2005-2010.
Bupati Anas bersilaturahmi dengan mantan bupati Banyuwangi.

Tiba di lokasi, Anas disambut petugas LP dan langsung menuju ruang untuk menerima tamu. Anas dan Ratna bersalaman, lalu saling mengobrol akrab dan bertanya kabar.

"Alhamdulillah, tadi saya tanya kabar, beliau sehat. Beliau juga tabah menjalani proses ini. Kita doakan bersama beliau selalu sehat. Saya tadi juga sampaikan terima kasih kepada beliau atas kontribusinya dalam membangun Banyuwangi pada periode beliau menjabat," kata Anas.

Anas menjelaskan, menghormati para pendahulu harus ditradisikan sebagai bagian dari pembelajaran kepada masyarakat luas. "Bahwa tidak semua di politik itu saling dendam, ada tradisi baru kita harus saling silaturahim, saling menyapa," ujarnya.

Setiap bupati, lanjut Anas, mempunyai peran dan kontribusi dalam pengembangan Banyuwangi. Oleh karena itu, wajar jika warga Banyuwangi dan para pejabat saat ini untuk terus menjalin relasi yang baik dengan semua para pendahulu. Pemkab Banyuwangi pun ingin memberikan perhatian lebih kepada keluarga mantan pejabat yang telah ikut membesarkan Banyuwangi.

"Semua orang punya kekurangan. Tapi bagaimana pun semua punya jasa. Para pendahulu semua punya kontribusi karena membangun daerah itu tidak bisa 5 atau 10 tahun, tapi semuanya berkelanjutan," papar bupati berusia 43 tahun itu.

Sementara itu, Ratna tampak berkaca-kaca menerima kunjungan Anas. Dia tidak menyangka dikunjungi Bupati Anas. "Saya berterima kasih. Ini hal yang baik. Kita harus tetap menjaga silaturahim," papar Ratna.

Sebelum bertemu Ratna, sebelumnya Anas juga bertemu dengan Ny. Erna Padmi, istri almarhum Bupati Samsul Hadi yang menjabat pada 2000-2005. "Kita semua warga Banyuwangi berutang budi kepada semua pendahulu," kata Anas.

Ny. Erna Samsul Hadi mengapresiasi tradisi silaturahim dengan para mantan pejabat. "Ini silaturahim yang mengharukan. Saya tidak menyangka diundang Bupati Anas," katanya.
(Merdeka.com)





loading...

0 Response to "Keteladanan Bupati Anas, Sambangi Pemimpin Banyuwangi Terdahulu Untuk Jaga Silaturahmi"