Bayar Pajak Kendaraan Makin Mudah Dengan e-Samsat


Kantor Sistem Administrasi Manunggal di bawah Satu Atap (Samsat) Banyuwangi melakukan terobosan baru dengan meluncurkan e-Samsat. e-Samsat sendiri adalah cara pembayaran wajib pajak melalui web atau sms banking.
E-samsat Banyuwangi.

Menurut Administrasi Pelaksana (Adpel) Muhammad Jamil, inovasi itu dilakukan agar mempermudah pelayanan wajib pajak di kantor Samsat. Dengan begitu wajib pajak bisa membayar pajak kendaraan dimana saja, khususnya untuk wilayah Jawa Timur.

"Namun program e- Samsat ini kita pahami masyarakat masih kurang respon mengingat layanan e- Samsat ini hanya kalangan tertentu yang menggunakan. Bisa dikatakan, layanan ini mayoritas penggunanya dari kalangan menengah ke atas," paparnya, Selasa (18/4/17).

Untuk keperluan dimaksud, pihak Samsat sendiri tidak kurang-kurangnya terus melakukan sosialisasi agar masyarakat memahami program e- Samsat. Baik itu melalui talk show di radio maupun lewat media cetak.

"Karena semua kepentingan layanan yang diberikan Samsat ini bertujuan meningkatkan dan mempermudah pelayanan bagi wajib pajak," terang Muhammad Jamil, seraya menyampaikan antisipasi wilayah terpencil yang tidak bisa dijangkau oleh mobil, pihak Samsat bakal mempersiapkan armada tersendiri.

Beberapa bentuk pelayanan yang sudah dilakukan Samsat Banyuwangi untuk memanjakan wajib pajak diantaranya ada Drift True, Pay Ment Poin, Mobil Keliling (Samling), pembayaran melalui ATM dan Kantor Pos serta e- Samsat.

"Pelayanan ini kita lakukan bekerjasama dengan empat Bank BUMN dan satu Bank Daerah yaitu Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank BTN," beber Muhammad Jamil lagi.

Data di kantor Samsat Banyuwangi, wajib pajak yang menggunakan layanan e- Samsat dalam satu bulan baru ada 115 wajib pajak. Sementara yang menggunakan layanan ATM masih 4 wajib pajak.

Diakui oleh Adpel Jamil, dengan kondisi sebanyak 664.000 obyek pajak di Kabupaten Banyuwangi, maka Samsat Banyuwangi harus terus melakukan sosialisasi ke masyarakat agar betul-betul memanfaatkan kemudahan yang diberikan oleh kantor Samsat.

"Yang perlu dipahami masyarakat, bahwa layanan pembayaran (wajib pajak) bukan hanya dan harus di kantor Samsat induk saja. Namun wajib pajak bisa membayar di layanan lain yang sudah kita siapkan sebagaimana saya sampaikan di atas tadi," pungkas Adpel Jamil. (Jatimtimes)

loading...

0 Response to "Bayar Pajak Kendaraan Makin Mudah Dengan e-Samsat"