Banyuwangi In Your Hand, Aplikasi Mobile Untuk Wisata Dan Kuliner


Bupati Banyuwangi Azwar Anas meluncurkan aplikasi Banyuwangi in Your Hand di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Banyuwangi, Rabu (22/3/2017).

Banyuwangi in Your Hand adalah aplikasi berbasis android mengenai informasi dan panduan wisata serta kuliner di Kabupaten Banyuwangi. Aplikasi Banyuwangi in Your Hand menggunakan format "augmented reality" dan "virtual reality" yang dapat dilihat dalam bentuk konten video, animasi, dan 3D. Aplikasi ini juga terhubung dengan Google Maps sehingga fitur yang ditampilkan menjadi lengkap guna memandu wisatawan ke lokasi wisata yang dituju.

Banyuwangi in Your Hand.


Aplikasi Banyuwangi in Your Hand ini sebenarnya sudah pernah diperkenalkan tahun 2015 lalu oleh Telkomsel, namun masih banyak kekurangannya dan sekarang ini merupakan penyempurnaannya.

Dengan format augmented reality, aplikasi ini menampilkan kondisi realtime lingkungan yang ada, mulai dari jalan, bangunan, dan lainnya dalam bentuk 3D di lokasi. Namun fiturnya lebih baik dan detail daripada google maps.

Apabila menggunakan Google Maps, pengguna masih harus mengetikkan lokasi yang diinginkan. Namun di Banyuwangi In Your Hand, ketika kamera ponsel yang telah terhubung dengan GPS diarahkan sesuai arah angin maka di layar ponsel akan tampil profil lokasi tempat publik, wisata, kuliner, dan lainnya.

Dalam peluncuran tersebut, Bupati Anas langsung mempraktekkan sendiri aplikasi ini melalui smartphone android miliknya.

Saat ponsel dihadapkan kearah timur, maka di layar muncul berbagai ikon lokasi destinasi yang ada bagian tersebut seperti Pantai Boom, Pasar Banyuwangi dan Taman Blambangan.

Ketika salah satu ikon di klik, maka langsung muncul google maps yang menunjukkan arah jalan menuju tempat tersebut berikut jaraknya. Klik berikutnya, akan muncul informasi seputar destinasi itu.

"Aplikasi akan sangat memudahkan bagi wisatawan yang datang ke Banyuwangi, khususnya yang baru pertama kali berkunjung. Detail dari lokasi-lokasi wisata di Banyuwangi bisa dilihat di aplikasi ini," kata Anas.

Aplikasi Banyuwangi in Your Home yang merupakan program kerja sama antara Pemkab Banyuwangi dengan PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) ini pertama di Indonesia. ICON+ adalah anak perusahaan PT PLN, yang bergerak dalam bidang penyediaan jaringan, jasa, dan content telekomunikasi, dengan berbagai layanan seperti Clear Channel, Multi Protocol Label Switching (MPLS), akses internet broadband, Voice over Internet Protocol (VoIP), dan aplikasi.

Mohammad Shodiq, General Manager PT Icon+ Regional Surabaya mengatakan, aplikasi ini seperti Google Street yang menggunakan  format augmented reality, yang menampilkan kondisi realtime lingkungan yang ada, mulai dari jalan, bangunan, dan lainnya dalam bentuk 3D di lokasi. Namun tampil lebih baik dan detail daripada google.

"Banyuwangi in Your Hand, bisa melihat seluruh isi di Banyuwangi," kata Shodiq.

Nantinya, Banyuwangi in Your Hand juga akan dikoneksikan dengan aplikasi serupa Europe in Your Hands dan Australia in Your Hands, sehingga destinasi wisata di Banyuwangi, bisa turut dipromosikan di Eropa dan Australia.

Tidak hanya bekerja sama dalam peluncuran Banyuwangi in Your Hands, PT Icon+ juga bekerjasama dalam pengembangan jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), berbasis fiber optic, untuk menyempurnakan program smartkampung di Banyuwangi.

Kedua pihak bekerjasa sama dalam kajian smart BTS (Base Transciever Station), system dengan pemanfaatan tiang PLN. ICON+ bertugas melakukan percepatan sambungan fiber optik desa-desa di Banyuwangi. Targetnya 145 desa tersambung fiber optik bisa tuntas pada tahun depan.

”Percepatan ini dimungkinkan karena kami memanfaatkan instalasi tiang listrik PLN yang saat ini sudah tersedia. Kami adalah satu-satunya perusahaan penyedia jaringan fiber optik yang memiliki rail of way (ROW) di seluruh tiang listrik PLN. Jadi kami bisa melakukan pemasangan jaringan dengan lebih cepat karena tidak perlu melakukan penggalian di bawah,” kata Shodiq.

Saat ini, fiber optik merupakan satu-satunya jaringan tercepat dalam menghadirkan konektivitas dengan kecepatan mencapai 5 Mbps di tiap desa, sehingga sangat mumpuni dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi desa.

loading...

0 Response to "Banyuwangi In Your Hand, Aplikasi Mobile Untuk Wisata Dan Kuliner"