Bandara Blimbingsari Indonesian Style Airport


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan Bandara Blimbingsari Banyuwangi, sebagai Indonesian Style Airport. Ini disampaikan oleh Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan, Yudhi Sari Sitompul, saat mengunjungi Banyuwangi, Jumat (20/1/2016).
Bandara Blimbingsari Indonesian style airport.

Menurut Sari Bandara Banyuwangi yang mengadopsi kearifan lokal, layak diadopsi oleh daerah-daerah lainnya.

"Bandara Banyuwangi bagus banget, ini Indonesian Style. Bandara ini satu-satunya terminal Indonesiann style," kata Sari, usai melakukan pertemuan bersama Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Sari berharap agar bandara-bandara daerah lain yang akan dibangun, bisa meniru Bandara Banyuwangi.

Kedatangan Sari dan tim Kemenhub ke Banyuwangi, untuk memferifikasi dan mengevaluasi terminal Bandara Banyuwangi yang rencananya akan dioperasikan mulai April 2017 mendatang.

"Kedatangan kami ke sini, agar segera terminal Bandara bisa dioperasikan. April bandara bisa diopersikan," kata Sari.

Mantan Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia itu mengatakan, prinsip terminal Bandara Banyuwangi bisa dioperasikan pada April 2017.

Tidak ada kekurangan berarti dalam persiapan pengoperasian terminal.

"Karena itu kami datang ke sini untuk memastikan, April terminal bandara bisa dioperasikan," kata Sari.

Terkait rencana direct flight Jakarta-Banyuwangi, Sari mengatakan bandara Blimbingsari telah memungkinkan untuk dilakukan penerbangan tersebut. Sari akan upayakan airline Jakarta-Banyuwangi.

"Kami akan upayakan airline-nya. Untuk bandara tidak masalah," kata Sari.
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan terima kasih, karena pusat memberikan apresiasi ke daerah.

"Setelah Menteri Perhubungan datang ke sini, setelah itu Dirjen Perhubungan, kini Direktur Bandara sehingga lebih teknis lagi," kata Anas.

Anas pun berharap agar April tahun ini, Terminal Bandara Banyuwangi bisa diperasikan. Overlay diharapkan Maret sudah selesai, sehingga April bisa operasi.

"Kami berharap bandara ini bisa menjadi model bandara, dengan desain arsitektur yang mengadopsi kearifan lokal," kata Anas.

Terminal Bandara Blimbingsari Banyuwangi, telah menyita banyak perhatian. Tokoh nasional, arsitek, wisatawan, dan publik memuji konsep Green Airport yang diusung dalam pembangunannya.
Tidak seperti terminal bandara pada umumnya di Indonesia, yang banyak dipenuhi kaca, Bandara Blimbingsari menyuguhkan karya anti mainstream dengan menggunakan banyak kayu.

Pembangunan terminal pun menggunakan dana APBD, tidak menggunakan anggaran pusat.

"Kami ingin membuat bandara yang nyaman, tapi juga mengakomodir budaya-budaya dan kearifan lokal," kata Anas. (Tribunnews)

loading...

0 Response to "Bandara Blimbingsari Indonesian Style Airport"