Sambut Libur Panjang Natal dan Tahun Baru 2017, ASDP Ketapang Siapkan 45 Kapal


Menyambut  libur Natal dan Tahun Baru 2017, PT ASDP Ketapang-Gilimanuk menyiapkan 45 kapal untuk beroperasi. Namun ada 3 kapal yang melakukan dokking pada hari H libur Natal dan Tahun Baru 2017.

Pelabuhan Ketapang.


Sementara untuk trip (perjalanan) kapal sudah meningkat dari 8 trip biasanya menjadi 9 sampai 10 trip per kapal.

"Kesiapan operasional prinsipnya oke. Segala aspek keselamatan menjadi prioritas utama dalam pelayaran," ujar Kacab ASDP Ketapang, Yusuf Hadi, usai menggelar rapat koordinasi persiapan libur akhir tahun 2016, di hall Kantor ASDP Ketapang, Banyuwangi, Kamis (8/12/2016)

Dari segmen laut, kata Yusuf, ASDP menyiapkan 45 kapal yang siap beroperasi. Namun ada 3 kapal yang melakukan dokking pada hari H libur Natal dan Tahun Baru 2017. Sementara untuk trip (perjalanan) kapal sudah meningkat dari 8 trip biasanya menjadi 9 sampai 10 trip per kapal.

"Kapal yang siap 42 armada. Trip sudah bertambah menjadi 9. Total sekitar 310 trip masing-masing pelabuhan dan ini menjadi pelabuhan tersibuk se Indonesia," tambah Yusuf.

Sementara untuk segmen darat, tambah Yusuf, ASDP telah menyiapkan infrastruktur dermaga yangg sudah ditingkatkan kapasitasnya. Ada 7 dermaga yang sudah dipersiapkan,n yakni 3 dermaga MB, 1 dermaga Ponton dan 3 dermaga LCM.

"Loket kita juga persiapkan. Menyesuaikan dengan jumlah pengunjung nanti. Untuk pembagian data manifest akan dilakukan diluar areal pelabuhan agar tak terjadi kemacetan," pungkas Yusuf.

Sementara Kepala Otoritas Pelabuhan dan Penyebrangan (KOPP) Arief Muldyanto memprediksi peningkatan pengguna jasa penyeberangan pada libur akhir tahun ini sebesar 4 persen. Puncak arus liburan juga terbagi menjadi beberapa waktu.

"Prediksi tanggal 23 dan 24 Desember, 29 dan 30 Desember dan tanggal 4 dan 5 Januari 2017," jelasnya.

Namun menurutnya, yang menjadi sorotan hambatan kelancaran arus penyebrangan adalah faktor cuaca. Cuaca buruk seperti angin dan ombak besar diprediksi masih terjadi hingga pada akhir tahun ini.

"Antisipasinya ya menutup penyebrangan. Jika terjadi antrian kita butuh rekayasa lalu lintas dari pihak kepolisian dan dishub. Untuk mengurai antrean kita lakukan percepatan bongkar muat atau trip," ujarnya.

Dalam rapat tersebut, kepolisian Banyuwangi dan Jembrana, KSOP Gilimanuk, Lanal Banyuwangi, KUPP Ketapang dan Gilimanuk serta instansi terkait lain turut hadir. (Detik)

loading...

0 Response to "Sambut Libur Panjang Natal dan Tahun Baru 2017, ASDP Ketapang Siapkan 45 Kapal "