73 Anak Di Banyuwangi Mengidap HIV/AIDS


Hasil penelusuran LSM Kelompok Kerja Bina Sehat (KKBS) menemukan sebanyak 73 anak di Banyuwangi mengidap HIV/AIDS. Mirisnya, mereka adalah golongan  anak usia antara 0 – 9 tahun.

HIV/AIDS di Banyuwangi.
"Mereka itu korban, mereka mengidap HIV Aids karena tertular dari ibunya, sedang para ibu menjadi ODHA karena tertular suami, tapi ada juga yang memang jadi PSK (Pekerja Seks Komersial)," jelas Direktur LSM KKBS, Muhammad Choiron, Kamis (1/12/2016).

Menurut Choiron, ada empat kecamatan dengan temuan jumlah pengidap HIV Aids tertinggi di Banyuwangi. Kecamatan Banyuwangi kota menjadi yang terbanyak, dengan jumlah 496 penderita. Kecamatan Genteng menyusul di urutan kedua dengan 164 orang penderita.

"Selanjutnya, Kecamatan Muncar dengan 133 orang mengidap HIV Aids dan Kecamatan Srono berjumlah 118 penderita," jelasnya.

Dua Kecamatan yakni Banyuwangi kota dan Genteng menempati peringkat penderita HIV Aids tertinggi, lantaran diduga seiring menjamurnya tempat hiburan malam karaoke. Hal ini yang menyebabkan perilaku hidup warganya sering tak terkontrol.

"Ladies Conpanion (LC) atau sering disebut purel, sangat beresiko menjadi penyebar HIV Aids. karena tak ada yang tahu dia murni LC saja atau nyambi jadi PSK," kata Choiron.

Hingga saat ini, yang dilakukan LSM KKBS demi meminimalisir penyebaran HIV Aids adalah dengan terus menerus melakukan sosialisasi, edukasi dan pendampingan terhadap ODHA.

KKBS mencatat, penyebaran HIV Aids di Banyuwangi, kebanyakan melalui 4 cara. Pertama, melalui hubungan seksual mencapai 78 persen. Selanjutnya penyebaran melalui darah dengan potensi 7 persen.

"Melalui ASI 1 persen dan penyebaran HIV Aids dengan cara lainya memiliki potensi 14 persen," pungkasnya.

Sementara data dari Komisi Penanggualangan Aids (KPA) Kabupaten Banyuwangi, jumlah keseluruhan penderita HIV/ Aids di Banyuwangi, sampai Agustus 2016 berjumlah 2.781 orang dengan 669 diantaranya kalangan ibu rumah tangga. Dari jumlah tersebut, 399 penderita telah meninggal. (Berita Jatim.com)


loading...

0 Response to "73 Anak Di Banyuwangi Mengidap HIV/AIDS"