Nusantara Bersatu di Banyuwangi Dimeriahkan dengan Seni dan Tari Daerah


Ratusan masyarakat dari berbagai latar belakang memenuhi Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (30/11/2016). Mereka duduk bersama untuk merayakan Nusantara Bersatu di tengah keberagaman. 
Gerakan nasional Nusantara Bersatu di Banyuwangi

Peserta berasal dari siswa-siswi se-kabupaten Banyuwangi, mahasiswa, guru, dosen dan masyarakat lintas agama. Kapolres Banyuwangi, Danlanal Banyuwangi dan sejumlah LSM juga hadir dalam acara yang mengangkat tema 'Indonesiaku, Indonesiamu, dan Indonesia kita bersama' itu.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta. Kemudian, masyarakat disuguhkan dengan penampilan beberapa tarian daerah Indonesia yang dirangkum dalam tarian nusantara. Tari-tari dari sejumlah daerah itu dibawakan oleh pelajar SMA Banyuwangi.

Tari-tarian itu diiringi oleh tim paduan suara yang dengan apik menyanyikan sejumlah lagu daerah. Penonton seakan terhipnotis dan tampak menikmati suguhan itu.

Selain tarian, acara itu juga diisi dengan pembacaan deklarasi kebangsaan tentang komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, serta keutuhan negara kesatuan republik Indonesia.

Masyarakat yang menghadiri acara itu juga bisa menuliskan kesan terhadap kesatuan Indonesia dalam sebuah kain putih panjang. Disediakan pula sebuah spidol untuk membubuhkan tandatangan.

"Berani berbuat benar dan berkata benar, Merdeka!," sebuah kalimat tertulis dan disertai tanda tangan Kanit PAM Obvit Res Banyuwangi, IPDA. Donny Ariyadi. 


Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyebut, lewat penampilan kebudayaan itu diharapkan mampu mempererat rasa kesatuan masyarakat.

"Banyuwangi memilih merayakan kebhinekaan yang diwujudkan lewat kebudayaan. Kita lihat, ternyata kebudayaan satu daerah dengan daerah lain berbeda tapi bisa kita nikmati bersama," kata Bupati yang akrap disapa Anas itu. (Detik.com)

loading...

0 Response to "Nusantara Bersatu di Banyuwangi Dimeriahkan dengan Seni dan Tari Daerah"