Menunggu 4 Generasi, Warga 3 Dusun Di Pesanggaran Akhirnya Menikmati Jalan Mulus


Kebahagiaan tak terkira dirasakan ribuan warga 3 dusun di Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Yakni Dusun Ringin Mulyo, Ringin Agung dan Ringin Sari. Karena, setelah 4 generasi, atau sejak perkampungan berdiri, saat ini mereka baru bisa menikmati insfrastuktur jalan yang mulus.

Jalan di Dusun Pesanggaran dibuat mulus dengan pengerasan .


Ya, melalui kerjasama Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, masyarakat dan PT Bumi Suksesindo (PT BSI) yang difasilitasi oleh Wakil Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Agung Setyo Wibowo SE, kini jalan yang melintasi 3 dusun tersebut dibangun. Jalanan yang sebelumnya terjal dibuat mulus dengan pengerasan sistem Base Coarse, sejauh 4,4 kilometer dan lebar 6 meter.

Saking senangnya jalan telah dibangun, setiap pagi dan sore, warga nampak berjajar. Tak hanya untuk melihat, mereka juga turut membantu meratakan material tanpa diminta siapapun.

"Sejak nenek moyang kita, jalan kita belum pernah diperbaiki, bahkan kakek saya bilang, sampek tuwek, sampek elek, baru sekarang melihat perbaikan jalan disini," ucap Kepala Dusun Ringin Mulyo, Desa Pesanggaran, M Hudhori, Rabu (23/11/2016).

Dalam proses pembangunan ini, sikap wakil rakyat dari partai Nasdem, Agung Setyo Wibowo, juga patut diteladani. Demi memastikan pengerasan berjalan lancar serta untuk menyapa konstituenya, dia selalu hadir dilokasi. Dan kabar baiknya, pasca pengerasan selesai, dia akan mengusahakan percepatan pengaspalan dari program Pemerintah Daerah.

"Setelah ini selesai dibangun, saya akan menindaklanjuti dengan program pemerintah daerah untuk pengaspalan," katanya.

Sementara itu, Senior Manager External Affair PT BSI, Bambang Wijonarko, menjelaskan bahwa pengerasan jalan ini adalah salah satu wujud komitmen Corporate Social Responsibility (CSR) PT BSI dalam bidang infrastuktur.

Sedang pemilihan lokasi pembangunan, yakni jalan yang melintasi 3 dusun, Ringin Mulyo, Ringin Agung dan Ringin Sari, merupakan tindak lanjut dari diskusi yang digelar masyarakat, Pemerintah Desa dan PT BSI yang difasilitasi Wakil Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Agung Setyo Wibowo SE.

"Selama tahun 2016, pengerasan jalan yang telah dilakukan PT BSI, sudah lebih dari 5 kilometer," katanya.

Dengan pembangunan jalan, Bambang mewakili manajemen PT BSI, berharap bisa berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat. Karena, pengangkutan hasil panen yang dulu kerap terkendala infrastuktur jalan, kini bisa jauh lebih lancar. Pengguna jalan pun juga bisa lebih aman dan nyaman.

"Intinya, sesuai tagline CSR kami, 'Berkhidmat Memberi Manfaat', artinya PT BSI akan memberi manfaat kepada masyarakat, tidak hanya sekarang tapi juga untuk masa yang akan datang, tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang," jelas pria asal Malang ini.

Selain pembangunan jalan, CSR PT BSI juga menyentuh infrastuktur lain. Seperti renovasi sekolah, renovasi dan dukungan pembangunan rumah ibadah dan taman baca. Ada pula program peemberdayaan masyarakat dibidang pertanian dan peternakan yang dilakukan secara berkesinambungan.

"Seluruhnya kita lakukan demi mencapai Sustainable Development Goals (SDGs)," pungkas Bambang. (Beritalima.com)


loading...

0 Response to "Menunggu 4 Generasi, Warga 3 Dusun Di Pesanggaran Akhirnya Menikmati Jalan Mulus"