Video Ribuan Ikan Terdampar di Banyuwangi Ternyata Hoax


Ribuan ikan terdampar di pantai Banyuwangi.
Dunia maya sempat dihebohkan dengan kemunculan video warga memanen ikan di sebuah pantai, yang kabarnya terjadi di pesisir pantai Banyuwangi. Dalam video tersebut ikan-ikan tampak bergelimpangan dan berloncatan dari laut ke tepi pantai. Dari anak-anak hingga orang dewasa berlomba menangkap ikan-ikan tersebut.

Ternyata,  video tersebut tidak benar terjadi di pantai Banyuwangi. Dengan kata lain, video tersebut hoax.

"Video itu bukan di Banyuwangi mas, tetapi di Thailand," tutur Kasubag Humas Pemkab Banyuwangi Rahmawati Setyoardinie melalui pesan singkatnya, Sabtu (11/6/2016).

Sejumlah wartawan yang menelusuri dan mendatangi beberapa pantai di Banyuwangi setelah munculnya video memanen ikan juga mengatakan tidak ada kejadian tersebut.

"Setelah kita telusuri ternyata kejadian tersebut tidak di Banyuwangi melainkan di Thailand. Kalau misalnya itu di Banyuwangi pasti sampeyan (Anda) tak kirimi ikan mas," kata Arip yang sehari-hari bekerja sebagai wartawan di salah satu televisi swasta nasional.

"Padahal banjir rob di Muncar itu berada di pemukiman warga yang jaraknya 2 Km dari pantai Muncar. Dan kalau dilihat dari videonya, tidak ada pantai Banyuwangi yang tampilannya seperti video tersebut," ucap Arip.

Arip juga menegaskan, video tersebut hanya memanfaatkan peristiwa banjir rob di kawasan Muncar, Banyuwangi.

Warga Banyuwangi yang menjabat sebagai Ketua Ikawangi Taiwan, Krisna Adi juga menegaskan, video Ikan Banyuwangi itu hoax.

"Setelah kita telusuri dan konfirmasi ke teman-teman ternyata video tersebut hoax dan hanya memanfaatkan peristiwa banjir Rob di Pantai Muncar Banyuwangi," kata Krisna.

"Terkait video tersebut, saya bersama rekan-rekan hanya melihat dan mengamati saja. Kalau misalnya video tersebut ada unsur melecehkan atau dengan sengaja menjelekkan nama Banyuwangi, maka akan kita somasi si pembuat dan penyebar video tersebut," ujar Krisna. 


Sementara itu, video fenomena ikan yang naik dari laut ke tepian pantai ini sudah beredar sejak lama. Dalam akun facebook Indonesian Hoax Busters, malah menyebutkan fenomena dalam kejadian tersebut di Filipina. (Liputan6.com)


loading...

0 Response to "Video Ribuan Ikan Terdampar di Banyuwangi Ternyata Hoax"