Basarnas Bangun Pos Siaga SAR Di Banyuwangi


Pos Siaga SAR di Banyuwangi.
Basarnas atau Badan SAR Nasional Indonesia membangun Pos baru di Pelabuhan Landing Craft Machine (LCM) Ketapang Banyuwangi.

Peresmian Pos siaga SAR yang ke 67 ini dilakukan oleh Kepala Basarnas, Marsdya TNI FHB Bambang Soelistyo. Pembangunan ini dilatar belakangi oleh minimnya Pos siaga SAR di Indonesia.

"Bagi Basarnas nilai satu nyawa sama saja dengan 100 nyawa. Pos siaga SAR di Banyuwangi ini adalah berkat dari peluang dan kebijakan," ujar Bambang dalam sambutannya, Rabu (22/6/2016).

Bambang menyebut sejak peristiwa tenggelamnya KMP Rafelia II dia mengingatkan pentingnya kecepatan untuk menolong korban. Apalagi pos terdekat SAR berada di Jember yang membutuhkan 3 jam perjalanan untuk sampai ke Banyuwangi.

"Saya punya policy ketika mendapat laporan paling lama 30 menit sudah harus berada di lokasi. Sementara itu di sini ada arus penyeberangan dari Jawa ke Bali melalui Ketapang dan Gilimanuk. Makanya penting pos siaga SAR di Banyuwangi," jelasnya.

Bambang menjelaskan di pos ini nantinya akan dijaga oleh delapan personel tim quick response (siaga cepat). Tim ini menangani tindak awal operasi penyelamatan.

"Delapan personel itu jadi tim quick response untuk tindak awal, setelah tindak awal operasi berjalan, kekuatan-kekuatan akan datang untuk memperkuat," bebernya.

Saat ini Basarnas memiliki pos siaga SAR sebanyak 67 dan kantor SAR di seluruh Indonesia sebanyak 34. Meski begitu dia menyadari jumlah tim rescue di seluruh Indonesia masih sangat kurang.

"Kita punya pos ke-67 dan kantor SAR kita punya 34, di bawahnya itu ada pos-pos. Masih kurang, idealnya rescuer untuk seluruh Indonesia saya butuh 5700, sekarang baru 1682 rescuer. Masih kurang," terangnya.

Dalam kesempatan ini, Bambang juga menyemangati anak buahnya. Dia menyebut Basarnas siap membantu menjaga keselamatan mudik lebaran.

"Tanggal 24 Juni kita mulai pengamanan mudik lebaran sampai arus balik. Meski pos siaga SAR ini kecil kita mencoba hadir untuk membawa manfaat. Bahkan kalau ada teknologi baru teman-teman SAR silakan bisa belajar di sini," ungkapnya.

Terakhir dia memantik semangat anak buahnya. Meski nanti hari Raya mereka harus bekerja dia mengingatkan agar tetap ikhlas dan semangat.

"Baktikan dirimu dengan tulus dan ikhlas demi keselamatan jiwa saudara-saudara kita dan karena itulah berkah Tuhan akan turun pada dirimu, istri dan anak-anakmu," tutupnya. (Detik.com)

loading...

0 Response to "Basarnas Bangun Pos Siaga SAR Di Banyuwangi"