Agar Mudik Nyaman, Satgas Jalan Berlubang Banyuwangi Siap Mengaspal Jalan


Satgas jalan berlubang di Banyuwangi.
Menjelang arus mudik lebaran Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terus membenahi infrastruktur jalan. Di Jalan Candi Agung, Banyuwangi tampak sejumlah satgas jalan berlubang (SJB) sedang sibuk mengaspal jalan yang berlubang.

"Ini mengerjakan tambal sulam jalan berlubang termasuk pemeliharaan rutin," ujar pelaksana SJB, Rafi Ahmad di Jalan Candi Agung, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (21/6/2016).

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya (PU BMCKR) Mudjiono mengatakan SJB memang diterjunkan untuk memastikan setiap jalan kabupaten siap dilewati arus kendaraan mudik. Mudji menyebut tim satgas ini bekerja dengan cara menyisir maupun menindak lanjuti aduan dari masyarakat terkait jalan berlubang.

"Satgas ini sifatnya reaksi cepat untuk menangani yang sifatnya darurat. Tidak hanya kami terjunkan menjelang arus mudik, tapi selama ramadan ini kami maksimalkan tugasnya. Misalnya ada jalan kabupaten yang rusak maupun tergenang, satgas langsung terjun menambal," katanya.

Mudji menambahkan SJB ini terdiri dari empat tim unit reaksi cepat (URC) yang ada di 4 Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas PU BMKCR, yakni URC Banyuwangi, URC Rogojampi, URC Genteng dan URC Bangorejo. Masing-masing URC tersebut diisi oleh 6 orang satgas yang dibekali dengan peralatan yang dibutuhkan dan bekerja secara bergantian.

"Mereka bertugas keliling mengontrol kondisi jalan kabupaten, baik jalan berlubang maupun genangan. Mereka juga memilah kondisi jalan yang rusak ringan hingga berat. Khusus menjelang mudik ini, mereka kerjanya lebih ektra untuk memastikan jalan bisa dilewati pengendara dengan nyaman," jelas Mudji.

Tak hanya itu masyarakat yang daerahnya ditemukan jalan berlubang bisa melaporkannya kepada petugas tim SJB melalui akun twitter @banyuwangi_kab atau melalui facebook milik Pemkab Banyuwangi. Mudji mengklaim penanganan genangan dan jalan berlubang akan ditangani dalam waktu maksimal 48 jam.

Kabupaten Banyuwangi sendiri dikenal sebagai kabupaten terluas di Pulau Jawa dan memiliki jalan kabupaten sepanjang 3.010 km, jalan provinsi 114 km, dan jalan nasional mencapai 104.53 km. Selama empat tahun terakhir ini Pemkab telah memperbaiki jalan poros dan jalan desa di seluruh kabupaten sepanjang hampir 2.750 km dan tahun ini target perbaikan jalan di seluruh pelosok desa adalah 600 km. (Detik.com)

loading...

0 Response to "Agar Mudik Nyaman, Satgas Jalan Berlubang Banyuwangi Siap Mengaspal Jalan"