Berlong Weekend Di Kawah Ijen, Pulau Merah Hingga Grand New Watu Dodol


Paltuding, Kawah Ijen.
Gunung Ijen rupanya jadi destinasi yang cukup populer untuk libur panjang akhir pekan. Sejak hari pertama long weekend, Kawasan wisata Gunung Ijen di perbatasan Banyuwangi-Bondowoso, dipadati pengunjung. Pada Kamis (5/6/2016) pagi, kawasan Paltuding yang merupakan titik awal pendakian dipenuhi wisatawan. Sudah lebih dari 700 turis masuk sebelum pukul 07.00 WIB.

Banyak rombongan turis yang berkemah di sekitar pos masuk pendakian. Tak sedikit pula yang datang dini hari untuk langsung mendaki.

Sejak Rabu (4/6/2016) malam, beberapa tenda didirikan di lapangan luas yang berada di tengah-tengah Paltuding. Deretan warung pun buka 24 jam dan jadi incaran turis karena biasanya menyediakan api unggun untuk menghangatkan diri.

Hampir semua area parkir di Paltuding dipenuhi mobil wisatawan. Ada mobil pribadi, tour and travel, juga minibus. Hampir di tiap spot terdapat wisatawan yang asyik selfie.

Beberapa turis asing juga tampak mendaki Gunung Ijen. Mayoritas dari mereka mendaki pukul 02.00 WIB dengan bantuan pemandu lokal.

"Exhilarating, but too crowded," tutur Patrick, wisatawan asal Belanda.

Diperkirakan animo wisatawan akan semakin besar pada Sabtu atau Minggu mendatang.

PANTAI PULAU MERAH

Selain Kawah Ijen, lokasi lain yang diperkirakan dibanjiri wisatawan adalah Pulau Merah.
Pantai Pulau Merah adalah sebuah pantai dengan pulau kecil yang berada di tengah pantai Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Jaraknya sekitar dua jam perjalanan dari Kota Banyuwangi. Meski jaraknya lumayan jauh namun kondisi jalannya sudah beraspal dan mulus.

Pulau Merah memiliki bentuk menyerupai gunung kecil yang diapit oleh pantai. Pasirnya putih dan bibir pantainya terdapat kursi-kursi lengkap dengan payung khas untuk berjemur. Biaya sewa payung pun tidak mahal, yaitu Rp 20 ribu per jam di hari libur sedangkan bila tidak ramai bisa disewa sepuasnya dengan harga yang sama.
Sunset di Pantai Pulau Merah Banyuwangi.
Sunset di pantai Pulau Merah (Detik.com)
Pulau Merah memiliki ombak yang cocok untuk penggemar surfing.Sunset di Pulau Merah juga dikenal begitu cantik untuk dinikmati wisatawan. Tak heran Pulau Merah menjadi salah satu obyek wisata favorit dikalangan warga lokal maupun wisatawan.

Menurut Yogi Fernando, Ketua Homestay Pulau Merah, lonjakan jelang liburan panjang sekarang membuat hunian kamar di daerah tersebut sudah penuh. "Libur akhir pekan ini okupansi cukup baik rata-rata 70 persen, mayoritas mereka yang menginap di homestay adalah wisatawan dari luar kota Banyuwangi," katanya.

Menurut Yogi, wisatawan umumnya menginap hanya satu hingga dua hari saja. Setelah itu mereka kembali melanjutkan untuk berwisata ke tempat lain seperti Teluk Ijo dan Kawah Ijen. Meski jumlah pengunjung mengalami peningkatan, namun menurut Yogi tarif yang dikenakan di homestay masih tetap sama.

"Dalam satu malam ya kisaran Rp 150 ribu hingga Rp 1 juta, tergantung fasilitas yang didapatkan," jelasnya.

GRAND NEW WATU DODOL

Pilihan lain untuk mengisi liburan long weekend di Banyuwangi adalah Pantai Grand New Watu Dodol di dekat Pelabuhan Ketapang. Pantai ini masih baru dan sedang tahap pembangunan. Pantai Grand New Watu Dodol akan menjadi etape ketiga International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 yang akan berlangsung pertengahan Mei ini. Lewat ajang balap internasional itulah pantai ini akan dikenalkan sebagai destinasi wisata baru di Banyuwangi.

Pantai Grand New Watu Dodol memiliki hamparan laut biru yang sangat cantik dan eksotik. Pantai ini juga rindang karena dikelilingi pohon kelapa dan pohon waru.
Grand new Watu Dodol (Detik.com)
Biaya masuk ke obyek wisata ini untuk hari Senin sampai Sabtu Rp 5 ribu dan untuk Minggu Rp 7 ribu. Menurut petugas hari Minggu pantai paling ramai dikunjungi wisatawan.

Dari pantai ini dapat terlihat Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan. Pulau Menjangan merupakan wilayah konservasi yang berada di Taman Nasional Bali Barat yang terkenal dengan wisata bawah lautnya. Sedangkan Pulau Tabuhan masih berada di wilayah Banyuwangi dan juga menawarkan wisata bawah laut.

Ada sekitar enam kapal tradisional milik warga sekitar yang siap mengantar pengunjung untuk menyeberang ke Pulau Menjangan atau ke Pulau Tabuhan. Kapal tradisional itu juga bisa melayani pengunjung yang hanya berkeliling di tengah laut dan melihat pemandangan dari atas kapal.
Menurut salah satu pemilik kapal, biaya untuk menyeberang ke Pulau Menjangan Rp 1,5 juta dan Rp 600 ribu untuk ke Pulau Tabuhan. Jumlah tersebut sudah termasuk makan, sewa alat selam, foto bawah laut dan perjalanan pp untuk enam orang.

"Kalau mau dihitung per orang ke Pulau Tabuhan Rp 100 ribu dan Pulau Menjangan Rp 230 ribu. Itu sudah termasuk sewa alat selam, foto under water dan makan," kata Yanto di Pantai Grand New Watu Dodol, Wongsorejo, Banyuwangi, Rabu (4/5/2016).

Anda juga bisa menikmati pemandangan dari Pantai Grand New Watu Dodol dari beberapa gazebo atau balai-balai yang bisa digunakan untuk beristirahat bersama keluarga. Di tepi-tepi pantai terdapat bangku-bangku yang dibuat dari pohon kelapa. Bersantai sambil menikmati segarnya es kelapa muda pastinya asyik sekali. (Berbagai sumber)

loading...

0 Response to "Berlong Weekend Di Kawah Ijen, Pulau Merah Hingga Grand New Watu Dodol"