Tour de Ijen 2016 Siap Digelar, Waduk Sidodadi Jadi Start Awal


Tour de Ijen Banyuwangi 2016 dimulai di waduk Sidodadi, Glenmore.
Waduk Sidodadi Glenmore, start awal ITdIB 2016.
Perhelatan International Tour de Ijen Banyuwangi (ITdIB) tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan seperti kelengkapan sarana dan prasarana penunjang dimatangkan.

Wisata Waduk Sidodadi (WWS) terletak di Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, akan menjadi start awal para pembalap. Tempat ini merupakan objek wisata baru yang ingin dikenalkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi kepada masyarakat.

"Sengaja memilih destinasi wisata baru untuk start. Di WWS biar jadi terkenal. Harapannya kalau untuk start, pembalap dari 28 negara foto-foto jadi promosi gratis objek wisata baru," ujar Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi, Dwi Marhaen Yono, di lokasi, Rabu (27/4/2016).

Marhaen menjelaskan saat ini proses finishing paving jalan sepanjang 343 meter di WWS sudah mencapai 80 persen. Dia yakin proses paving jalan akan selesai dalam waktu tujuh hari.

"Ini 'kan H-2 minggu, untuk seminggu (ke depan) tuntas," ujar Marhaen mantap.

WWS merupakan kebun milik PTPN XII. WWS baru dibangun Juli 2015 dan diresmikan pada 11 Januari 2016 oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

Objek wisata ini memiliki pemandangan yang asri. Para pembalap akan melewati kebun tebu dan dimanjakan indahnya pegunungan yang mengelilingi kebun Kalirejo itu. Selain itu juga terdapat beberapa permainan seperti ATV, bebek air, sircuit motor sertacamping ground.

Sementara itu Camat Glenmore Susanto Wibowo menyebut persiapan WWS memakan waktu satu bulan. Hal itu digunakan untuk menyediakan fasilitas umum seperti mushola dan toilet. Susanto juga menuturkan WWS siap menyambut para pembalap ITdIB yang berasal dari mancanegara.

"Karena ini destinasi baru, lagi proses penataan semuanya. Pastinya sekarang dan tahun depan akan beda jauh karena tingkat hijaunya beda," ujar Susanto mantap.

Tahun ini peserta ITdIB ditantang untuk menyelesaikan rute sepanjang 567 Km, yang dibagi dalam empat etape. Etape pertama Waduk Sidodadi Glenmore-taman Blambangan (171,4 km), etape kedua RTH Maron Genteng-Taman Blambangan (145,7 km), etape ketiga Grand New Watu dodol-Tamn Blambangan (126,9 km)-sirkuit race dan etape keempat Pelabuhan Muncar-Paltuding Ijen (123 km).

Tour de Banyuwangi Ijen tahun 2016 merupakan tahun penyelenggaraan kelima sejak pertama kali diselenggarakan. Hadiah yang disiapkan tahun ini mencapai total Rp 1,5 miliar.​ (Detik.com)

loading...

0 Response to "Tour de Ijen 2016 Siap Digelar, Waduk Sidodadi Jadi Start Awal"