Beasiswa Banyuwangi Cerdas 2016 Anggarkan 3,75 M


Beasiswa Banyuwangi Cerdas 2016.
Sebagai bentuk komitmen terhadap kemajuan pendidikan, Pemkab Banyuwangi menganggarkan Rp 3,75 miliar untuk program beasiswa Banyuwangi Cerdas tahun 2016. Beasiswa tersebut termasuk bagi mahasiswa yang berprestasi tidak mampu, mahasiswa yatim piatu, dan para penyandang disabilitas berprestasi.

Beasiswa yang sudah berjalan selama 5 tahun sejak 2011 ini, secara total Pemkab Banyuwangi sudah menyalurkan Rp 14,4 miliar kepada lebih dari 700 mahasiswa asli Banyuwangi yang berkuliah di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
"Tahun ini, beasiswa diperuntukkan bagi 90 anak Banyuwangi dengan kondisi tertentu," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Sulihtiyono.

Alokasi dana Banyuwangi Cerdas pada 2016 naik dibandingkan alokasi 2015 yang sebesar Rp 3,2 miliar. Setiap tahun, alokasi beasiswa Banyuwangi Cerdas terus ditingkatkan. Selain diperuntukkan bagi calon mahasiswa, mahasiswa yang sudah berkuliah juga bisa mendapatkan beasiswa Banyuwangi Cerdas ini melalui proses seleksi.

"Hingga kini telah ada 205 mahasiswa dibiayai pendidikannya melalui skema ini. Mahasiswa yang dibiayai program ini berasal dari berbagai perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar Banyuwangi," jelas Sulihtiyono.

SELEKSI BANYUWANGI CERDAS BULAN APRIL

Rekruitmen seleksi penerima beasiswa Banyuwangi Cerdas akan dimulai pada April 2016, setelah para siswa mendapatkan nilai dari Ujian Nasional (Unas) 2016.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Sulihtiyono mengatakan, calon mahasiswa mendaftar melalui proses pengajuan di sekolah masing-masing. "Mereka yang telah terdaftar, akan diverifikasi ulang terkait kelayakan persyaratannya bersama tim dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi mitra Pemkab Banyuwangi," katanya.

Ada empat PTN yang bekerja sama dengan program ini, yaitu Universitas Negeri Jember (Unej), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Universitas Airlangga (Unair), dan Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi).

Sulihtiyono menambahkan, selain melalui skema APBD, Pemkab Banyuwangi juga mengajak dunia usaha untuk ikut menyalurkan tanggung jawab sosial perusahaannya dengan mendukung penyaluran beasiswa bagi dunia pendidikan Banyuwangi. Yayasan Sampoerna yang memberi beasiswa ke sejumlah pelajar Banyuwangi. "Kalau yang dari swasta itu langsung ke pelajar, Pemerintah tidak ikut-ikut. Kami cuma memfasilitasinya," katanya. (Beritajatim.com)

loading...

0 Response to "Beasiswa Banyuwangi Cerdas 2016 Anggarkan 3,75 M"