Kapal Rafelia 2 Tenggelam Di Selat Bali, 71 Penumpang Diselamatkan, 10 Masih Hilang


Kapal Rafelia 2 tenggelam di Selat Bali, pada Jumat (4/3/2016). Menurut Kasat Reskrim Polres Jembarana, AKP Gusti Made Sudarma Putra, kapal tersebut tenggelam diduga karena adanya kebocoran.
Kapal Rafelia 2 tenggelam di selat Bali.
Kapal Rafelia 2 tenggelam (sumber : Facebook.com)
Seperti dikutip dari Okezone.com, dijelaskannya, sekitar pukul 13.16 Wita KMP Rafelia 2 berangkat dari Gilimanuk menuju Ketapang, sekitar pukul 13.52 Wita KMP Rafelia tiba di pelabuhan Ketapang dan kapal terlihat dalam posisi miring. Dan pukul 14.09 Wita, KMP Rafelia tenggelam dalam posisi baling-baling di atas.

“Dari hasil konfirmasi, SPV ASDP Ketapang bahwa tenggelamnya KMP Rafelia II diduga karena mengalami kebocoran dan miring pada posisi di belakang sebuah hotel,” katanya.

Gusti menambahkan, KMP Rafelia II berangkat dari pelabuhan Gilimanuk menuju pelabuhan Ketapang dengan muatan 2 unit truk besar, 1 unit pick up, 4 unit tronton, 18 unit truk sedang dan 4 kendaraan kecil dengan total 25 unit kendaraan.

“Hingga saat ini masih dilaksanakan proses evakuasi SAR dan tim sedang melakukan penyelamatan pada penumpang kapal yang tenggelam dan belum dikatahui tentang adanya kerugian dan korban. Proses evakuasinya juga dibantu oleh para nelayan yang ada di sana,” pungkasnya.

71 PENUMPANG DISELAMATKAN
Sementara itu menurut CNN Indonesia yang mengutip cuitan Twitter Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, sedikitnya 71 penumpang telah dievakuasi dari Kapal Lct Rafelia yang berlayar dari Gilimanuk-Ketapang dan tenggelam tidak jauh dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jumat (4/3) siang.

Lebih jauh Anas mengatakan, pencarian terus dilakukan. Pengerahan bantuan pun dilakukan oleh semua pihak, baik nelayan, TNI, Polri dan Basarnas.

Azwar mengatakan hingga kini, nahkoda, satu mualim dan ibu beserta anaknya masih terus dicari.
"71 orang sudah dievakuasi. Nahkoda, mualim 1, Ibu dan anak msh dicari. Saat ini proses evakuasi masih dilangsungkan. Semua sumberdaya dikerahkan, kapal di pelabuhan, kapal nelayan, TNI, Polri, dan lainnya. Mohon doa."

10 PENUMPANG MASIH HILANG

Sementara itu Sindonews.com melaporkan terdapat 10 penumpang Kapal Rafelia 2 masih hilang.

Menurut Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo, sejauh ini pihaknya mendapatkan laporan ada 37 penumpang ada 14 orang ABK di kapan nahas tersebut.

"Berdasarkan laporan yang saya terima pada pukul 16.00 Wita tadi ada 41 orang yang selamat, dan saat ini masih ada 10 orang lagi yang masih dicari," ujarnya, Jumat (4/3/2016).

Detik-detik tenggelamnya kapal penumpang Rafelia 2 di Selat Bali dapat dilihat dalam video berikut ini.


loading...

0 Response to "Kapal Rafelia 2 Tenggelam Di Selat Bali, 71 Penumpang Diselamatkan, 10 Masih Hilang"