Disiapkan, Penerbangan Malam Hari ke Bandara Blimbingsari


Bandara Blimbingsari terbang malam hari.
Bandara Blimbingsari (Detik.com)
Tak lama lagi frekuensi penerbangan di Bandara Blimbingsari Banyuwangi akan ditambah hingga malam hari. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyebut persiapan ini telah dibahas di di Kantor Otoritas Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Rabu (30/3/2016) malam.

“Ini adalah kabar bagus. Ada maskapai yang ingin terbang pada malam hari, sehingga frekuensi penerbangan semakin banyak untuk menunjang pengembangan wisata dan ekonomi. Saat ini ada tim kecil yang menindaklanjuti hal-hal teknis," kata Anas, Kamis (31/3/2016).

Anas menuturkan, pengembangan Bandara Blimbingsari didukung sejumlah upaya pemerintah daerah, seperti pembuatan jalan tembus sepanjang 2,3 kilometer dengan lebar 50 meter, jalan lingkar untuk memudahkan akses, dan penyiapan SDM kebandaraan melalui Politeknik Negeri Banyuwangi.

“Kami juga sudah mengurung lokasi sekitar bandara dengan tata ruang yang khusus. Agar lansekap sekitar bandara tetap sawah dan hijau, siapa pun yang mengajukan IMB pendirian bangunan di sekitar bandara tidak kami izinkan. Ini agar lokasi sekitar bandara tertata," imbuhnya.

Direktur Operasi AirNav Wisnu Darjono mengatakan, secara teknis dengan infrastruktur alat yang ada sekarang, Bandara Banyuwangi sebenarnya sudah bisa diterbangi malam hari.

Hanya saja, untuk mencapai tahap yang ideal, diperlukan pemasangan "instrument landing system" (ILS), berupa ketersediaan lahan.

Selain itu, diperlukan penambahan SDM untuk menunjang operasional pada malam hari.
"Kami siap menyediakan ILS dengan beberapa persyaratan teknis yang akan dibahas lebih lanjut dengan operator bandara, maskapai, dan pemerintah daerah," ujarnya. (Tribunnews.com)



loading...

0 Response to "Disiapkan, Penerbangan Malam Hari ke Bandara Blimbingsari"