Disiapkan, Grand Desain Tata Ruang Banyuwangi Hingga 50 Tahun Ke Depan


Grand desain tata ruang Banyuwangi.
Desain tata ruang Banyuwangi (Detik.com)
Mimpi besar Banyuwangi menjadi kota metropolitan dengan grand design kearifan budaya lokal makin dimantapkan. Pemkab Banyuwangi berinisiatif membuat detail design tata ruang strategis untuk jangka panjang. Rencana detail tata ruang ini dimaksudkan sebagai pedoman pembangunan di seluruh wilayah Banyuwangi hingga 50 tahun ke depan

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama dengan seluruh pimpinan SKPD berdiskusi membahas detail tata ruang yang langsung dikerucutkan pada masing-masing sektor. Semisal detail tata ruang cagar budaya, tata ruang jalan tol, tata ruang pariwisata dan tata ruang industri.

"Mimpi kita tentang Banyuwangi metropolitan harus tertuang detail dalam tata ruang ini. Kota impian yang tata desainnya diatur sesuai dengan kearifan lokal. Supaya aturan tata ruang ini menjadi pedoman untuk pembangunan hingga 50 tahun kedepan," ungkap Anas saat memimpin rapat di ruang Rempeg Jogopati Pemkab Banyuwangi, Senin (14/3/2016).

Dalam tata ruang cagar budaya misalnya, pihak Pemkab Banyuwangi meminta sektoral dinas terkait untuk menggandeng budayawan dan arkeolog memetakan seluruh kawasan di Banyuwangi bersejarah.

Sementara tata ruang terbuka hijau (RTH), jalur tol di wilayah perbatasan utara Banyuwangi, jalur sutet, jalur lintas barat dan timur pun di desain lebih awal.

Untuk menyokong kawasan pariwisata, bangunan berupa gudang-gudang yang lokasinya di lintas wisata harus mau mengikuti aturan main Pemkab Banyuwangi. Pasalnya, Banyuwangi kini fokus menata pengembagan pariwisata dan pertanian.

"Bangunan gudang tidak boleh berada di pinggir jalan utama dan mau masuk 100 meter masuk kedalam. Karena kita fokus ke pengembangan pariwisata dan pertanian. Jadi ruang-ruang gudang harus mau mundur," papar Anas dengan tegas.

Menurutnya, grand desain tata ruang ini perlu dibuat lebih awal supaya pembangunan jangka panjang di Banyuwangi tidak tumpang tindih dan selaras dengan tipologi serta geografis bumi blambangan.

Lalu kapan realisasinya?

Anas menjawab, semua perencanaan yang masuk dalam desain tata ruang akan dikerjakan secara bertahap. Dan pelaksanaannya dikembangkan secara komprehensif disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah. Desain tata ruang Banyuwangi ini secara keseluruhan akan dimantapkan bersama lintas legislatif dan sektoral lainnya.

"Kapan mulainya? Kita akan bertahap sesuai dengan kemampuan daerah, tentu kita akan berkomunikasi dengan pusat. Kita akan kembangkan komprehensif dengan lintas eksekutif dan legislatif," urai Anas. (Detik.com

loading...

0 Response to "Disiapkan, Grand Desain Tata Ruang Banyuwangi Hingga 50 Tahun Ke Depan"