Peringati Hari Sampah Nasional, Warga Banyuwangi Lakukan Aksi Pungut Sampah


Gerakan Banyuwangi merdeka dari sampah.
Banyuwangi bertekad perang terhadap sampah
(sumber : Facebook.com)
Bertepatan dengan Hari Sampah Nasional, masyarakat Banyuwangi melakukan aksi pungut sampah yang dipusatkan di tiga titik yaitu di kawasan Pantai Boom Banyuwangi, Paltuding Gunung Ijen dan di wilayah Pelabuhan Ikan Kecamatan Muncar, Minggu (21/2/2016).

Aksi yang dilakukan secara serentak tersebut untuk mendukung gerakan Indonesia bebas dari sampah. Beberapa peserta aksi menggunakan pakaian dari sampah plastik dan membawa tulisan "Mulai Diet Kantong Plastik Sekarang".

"Kami mengajak masyarakat Banyuwangi untuk mengurangi penggunaan kantong plastik kalau bisa tidak menggunakan sama sekali. Apalagi Indonesia adalah negara terbesar kedua pengguna kantong plastik," kata Guntur Prasetyo, siswa SMKN 1 Banyuwangi.

Untuk mengganti kantong plastik, menurut Guntur, masyarakat bisa menggunakan tas yang bisa di gunakan berulang ulang.

Ramang, wakil Komunitas Merdeka dari Sampah Kabupaten Banyuwangi, menjelaskan, aksi pungut sampah tersebut di ikuti 48 komunitas yang ada di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

"Mayoritas pesertanya adalah anak muda dan tidak menutup kemungkinan masyarakat umum untuk bergabung pada hari ini," katanya.

Ke depannya diharapkan masyarakat bukan lagi sekedar buang sampah pada tempatnya tapi juga mengurangi jumlah sampah dengan memanfaatkan sampah untuk digunakan kembali.

"Ada tiga hal yang juga kami sosialosasikan hari ini yaitu reuse, reduce dan recycle sehingga Indonesia bebas sampah bisa diwujudukan," ujar Ramang. (Kompas.com)

loading...

0 Response to "Peringati Hari Sampah Nasional, Warga Banyuwangi Lakukan Aksi Pungut Sampah"