Tunggu Pelantikan, Anas Gali Inspirasi Masyarakat Banyuwangi


Calon Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan calon Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko telah ditetapkan oleh KPU Banyuwangi sebagai kepala daerah terpilih setelah memenangkan suara terbanyak dalam Pilkada Banyuwangi 2015. Pasangan petahana ini, mendapat kepercayaan dari 88,96 persen pemilih dalam Pilkada 9 Desember lalu.
Azwar Anas memenangkan Pilkada Banyuwangi 2015.
Azwar Anas dalam sebuah acara di TV nasional.
Mengisi waktu hingga pelantikan pada tahun depan, Anas mengatakan, dirinya bakal lebih banyak mencari ide dan inspirasi serta belajar dari berbagai kekurangan yang ada selama dia menjabat dalam lima tahun terakhir. Untuk menggali ide dan inspirasi, Anas bakal lebih banyak membaca buku serta mencari referensi di internet.

"Kami menggali ide dan inspirasi dari buku-buku. Dan tentu saja browsing di internet. Ada banyak situs bagus di mana kita bisa belajar tentang pengembangan daerah, belajar dari banyak daerah lain, baik di dalam maupun luar negeri," kata Anas saat dihubungi wartawan, Kamis (24/12).

Anas mengatakan, dirinya bakal lebih banyak fokus belajar pada dua hal, yaitu pengembangan agribisnis dan pariwisata. Agribisnis menyangkut soal pertanian dengan berbagai subsektornya.
"Ke depan, saya akan fokus ke dua sektor itu. Tentu saja dengan tidak melupakan sektor lain, baik yang wajib seperti pendidikan dan kesehatan maupun yang prioritas lain seperti infrastruktur," kata mantan anggota DPR tersebut.

Selama menunggu pelantikan, Anas juga akan banyak menyerap masukan dan kritik dari sejumlah elemen masyarakat, termasuk mengajak pasangan calon lain dalam Pilkada lalu untuk berdiskusi demi kebaikan Banyuwangi di masa depan.

Anas optimistis, ke depan Banyuwangi bisa terus berkembang dengan dukungan dan sinergi dari seluruh elemen masyarakat. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, pendapatan per kapita Banyuwangi melonjak 62 persen dari Rp20,8 juta (2010) menjadi Rp33,6 juta (2014). Kalkulasi pemerintah daerah setempat, pada 2015 diprediksi bisa menembus Rp 38 juta.

"Berdasarkan data BPS, pendapatan per kapita Banyuwangi sudah berhasil melampaui sejumlah kabupaten/kota di Jatim yang sebelumnya selalu di atas Banyuwangi. Tentu ke depan track ini harus dijaga biar terus berkembang," jelasnya.

Demikian pula Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang melonjak 64 persen dari Rp 32,46 triliun menjadi Rp 53,37 triliun. Kredit macet perbankan yang sebelum 2010 sempat menembus 5 persen atau di ambang batas atas Bank Indonesia (BI) bisa ditekan hingga tak sampai 2 persen, yang berarti menunjukkan kelancaran bisnis, sehingga kredit bisa terbayarkan.

"Kemarin saya cek jumlah penumpang di Bandara Blimbingsari Banyuwangi bisa meningkat hingga 991 persen dari hanya 7.826 penumpang (2011) menjadi 85.402 penumpang (per Oktober 2015). Ini menunjukkan ada geliat bisnis dan pariwisata. Insya Allah, ke depan bisa semakin baik," pungkasnya. (Beritasatu.com)



loading...

0 Response to "Tunggu Pelantikan, Anas Gali Inspirasi Masyarakat Banyuwangi"