Banyuwangi Nominasi Penghargaan Badan Pariwisata PBB


Inovasi pengembangan pariwisata yang dilakukan Pemkab Banyuwangi mendapat apreasiasi dari Badan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Pariwisata (The United Nations World Tourism Organization/UNWTO). Banyuwangi masuk menjadi nominator UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism untuk kategori "Inovasi Kebijakan Publik dan Tata Kelola". Dalam ajang tersebut Banyuwangi terpilih mewakili Indonesia.

"Banyuwangi masuk dalam kategori inovasi kebijakan publik dan pemerintahan dan menjadi nominator bersama Medellin (Kolombia), Kenya, dan Puerto Rico," Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwsisata Banyuwangi MY Bramuda, Selasa (29/12/2015).

Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berhasil memikat pihak penyelenggara penghargaan.


Bramuda mengatakan, Banyuwangi akan diberikan kesempatan memaparkan kebijakannya pada 18 Januari 2016 mendatang dalam event 12th UNWTO Awards Forum di Madrid, Spanyol.

“Para pemenang dan runner-up masing-masing kategori akan diumumkan pada 20 Januari mendatang bersamaan dengan pelaksanaan Madrid International Tourism Trade Fair,” ujar Bramuda.

Di Madrid nanti, lanjut Bramuda, akan dipaparkan sejumlah strategi pemkab dan kunci sukses membangun pariwisata.

"Kami akan paparkan, bagaimana Banyuwangi mengidentifikasi potensi wisata yang ada, menjaga kearifan lokalnya, hingga bagaimana seluruh stakeholder bergandengan tangan mengembangkan dan mempromosikan pariwisata," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memang terlihat begitu serius dalam memanfaatkan teknologi untuk menyampaikan berbagai informasi melalui situsnya. Hal ini terlihat dari begitu lengkapnya informasi tentang pariwisata Banyuwangi yang ada di situs mereka.

Deskripsi tentang destinasi wisata, seni, budaya, dan kekayaan lainnya yang dimiliki Banyuwangi tersaji dalam bentuk tulisan, foto, maupun video. Bahkan di salah satu kanalnya terdapat fitur untuk melakukan tur virtual di Pendopo Banyuwangi. Tur ini diberi nama ‘Banyuwangi 360’. (Timesindonesia.co.id, Cnnindonesia.com)



loading...

0 Response to "Banyuwangi Nominasi Penghargaan Badan Pariwisata PBB"