Kemajuan Banyuwangi Bikin Wali Kota Bogor Bima Arya Penasaran


Walikota Bogor Bima Arya puji kemajuan Banyuwangi.
Bima Arya di Banyuwangi (sumber : Detik.com)
Kemajuan yang dicapai oleh Kabupaten Banyuwangi, menarik perhatian Pemerintah Kota Bogor untuk datang ke kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini. Tidak tanggung-tanggung, Wali Kota Bogor Bima Arya pun datang untuk belajar dan melihat secara langsung kemajuan kabupaten berjuluk The Sunrise of Java ini bersama dengan rombongan aparat birokrasinya.

Bima Arya mengatakan, selama ini dirinya telah sering mendengar tentang kondisi terkini Kabupaten Banyuwangi dengan berbagai prestasinya di berbagai forum di Jakarta. Kebetulan dia mendengarkan informasi tersebut langsung dari pemaparan mantan Bupati Abdullah Azwar Anas yang beberapa kali menjadi narasumber di berbagai forum bersamanya.

"Semakin sering dengar prestasinya, saya jadi makin penasaran ingin datang ke Banyuwangi," kata Bima Arya saat berada di Lounge Pelayanan Publik, Kantor Pemkab Banyuwangi, Rabu (18/11/2015).

Salah satu yang ingin dipelajarinya dari Banyuwangi, kata Bima, adalah terkait pelayanan publik. Bima pun mengaku terkesan dengan berbagai informasi pelayanan publik yang bisa diakses langsung melalui website milik Pemkab saat berada di lounge. Seperti proses perizinan, transparansi keuangan dan anggaran daerah, dan perencanaan pembangunan.

"Semuanya telah terdigitalisasi dalam perangkat teknologi dan bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja. Ini menunjukkan Pemkab Banyuwangi menjalankan pemerintahan yang transparan dan bisa menjaga akuntabilitas," ujar Bima yang ditemui Penjabat Bupati Banyuwangi Zarkasi dan Sekretaris Daerah Slamet Kariyono.

Bima juga mengaku tertarik dengan pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh Banyuwangi. Menurutnya Banyuwangi berhasil mempromosikan daerah hingga mendongkarak kunjungan wisatawan. Untuk itu Bima pun menyempatkan diri melakukan kunjungan ke beberapa tempat terkait pariwisata, seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Pantai Boom, Dormitory Taman Sritanjung, dan Pendopo Sabha Swagata.

Usai mengunjungi tempat-tempat tersebut, Bima pun sekali lagi mengaku terkesan dengan apa yang telah dilakukan oleh Banyuwangi. Menurutnya pemerintah daerah telah memikirkan dan mengeksekusi pembangunan dengan sangat detail. Seperti pembenahan Pantai Boom, pembangunan ruang terbuka hijau dan pengelolaan kebersihan kota semuanya dilakukan untuk kepentingan masyarakat sekaligus mengembangankan pariwisata kota.

"Kami sangat terinspirasi dengan pembenahan yang telah dilakukan daerah ini, semuanya sangat relevan untuk diterapkan di Bogor," cetus Bima.

Bima mengatakan, Banyuwangi mampu melakukan perubahan sistemik yang terstruktur. Mulai dari pembinaan kepegawaian, peningkatan kualitas pelayanan publik, digitalisasi akuntabilitas, penataan kota hingga pengembangan pariwisata.

"Karena semua ini wajar Banyuwangi banyak dapat banyak penghargaan dan Kota Bogor pun sangat wajar ingin belajar ke Banyuwangi," tutur Bima. Sementara itu Penjabat Bupati Banyuwangi Zarkasi menyambut baik kedatangan Walikota Bogor, Bima Arya. Zarkasi pun senang Banyuwangi menjadi contoh bagi kemajuan pembangunan Kota Bogor.

"Kami sangat bersyukur Banyuwangi bisa memberikan inspirasi bagi banyak daerah termasuk Bogor sebagai daerah yang dianggap maju dan membawa perubahan," kata Zarkasi. (Detik.com)

loading...

0 Response to "Kemajuan Banyuwangi Bikin Wali Kota Bogor Bima Arya Penasaran"