Banyuwangi Raih Adipura Ketiga Kalinya


Banyuwangi raih Piala Adipura 2015 untuk kategori kota sedang.
Untuk ketiga kalinya berturut-turut Kabupaten Banyuwangi meraih Piala Adipura 2015 untuk kategori Kota Sedang. Penghargaan diberikan Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar kepada Penjabat Bupati Banyuwangi, Zarkasi, Senin malam (23/11/2015) di Gedung Bidakara, Jakarta. Padahal sebelumnya pada 2011, Banyuwangi dinobatkan sebagai kota terkotor kedua di Jawa Timur.

Zarkasi mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh masyarakat Banyuwangi. "Semua berperan nyata, mulai dari pesapon, tukang sampah, dan yang paling nyata adalah kerja keras semua rakyat dalam mewujudkan budaya bersih di Banyuwangi," katanya.

Zarkasi berharap Adipura ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. "Jika lingkungan bersih maka Banyuwangi akan semakin nyaman untuk ditinggali. Ini juga akan menjadi salah satu pengungkit daya tarik bagi wisatawan," katanya.                      
BANK SAMPAH JADI NILAI PLUS

Tim Kementerian Lingkungan Hidup menilai sejumlah inovasi di Banyuwangi dalam pengelolaan lingkungan merupakan nilai plus untuk merebut penghargaan Adipura, di antaranya adalah program bank sampah, pengolahan sampah, pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Arief Setyawan mengatakan, program pemda yang memberikan insentif dan asuransi kepada 620 orang tenaga harian lepas petugas kebersihan mendapat apresiasi.

"Para THL tersebut secara rutin membersihkan seluruh ruas jalan, sungai dan fasilitas publik 3 kali sehari. Wajar jika kita memberikan perlindungan kepada mereka lewat mengcover mereka dengan asuransi," kata Arief.

Pemkab Banyuwangi telah membangun sebanyak 23 taman yang tersebar di seluruh wilayah. Selain menciptakan ruang terbuka hijau tersebut, taman-taman yang dibangun ini dimaksudkan menjadi ruang-ruang publik untuk berkumpul, berekreasi, dan berkreasi bagi warganya. (Beritajatim.com)

loading...

0 Response to "Banyuwangi Raih Adipura Ketiga Kalinya"