Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Kontes Kopi Nasional


Komitmen Banyuwangi mengenalkan kopi sebagai kuliner Banyuwangi dan Banyuwangi sebagai kota kopi, menarik minat Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) untuk menggelar ajang Kontes Kopi Spesialty Indonesia (KKSI) ke 7. Ajang Nasional untuk mencari kopi Indonesia yang terbaik ini, akan digelar di Banyuwangi 19 Oktober 2015.

Ajang yang digelar AEKI bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) ini, sebelumnya hanya dipusatkan di Jakarta. Baru tahun ke 7 ini digelar di Banyuwangi, sebelum digelarnya kegiatan Banyuwangi Festival, Ngopi 10 ribu cangkir di Desa Kemiren Kecamatan Glagah, Banyuwangi 20 Oktober mendatang.

"Komitmen Banyuwangi terhadap kopi membuat kita menunjuk Banyuwangi menjadi tuan rumah kontes kopi Nasional," ujar salah satu panitia Kontes Kopi Spesialty Indonesia, Setiawan Subekti kepada detikcom, Selasa (13/10/2015).

Ajang Kontes Kopi Spesialty Indonesia ini, kata pria yang dipanggil Iwan ini, digelar untuk mendukung lahirnya kopi-kopi di Indonesia yang memiliki kekhasan cita rasa dan keunggulan karakteristik dalam upaya meningkatkan posisi harga dan citra Indonesia sebagai negara penghasil kopi spesiati.

"Seluruh daerah penghasil kopi di Indonesia akan menghadirkan kopi terbaiknya di Banyuwangi. Mulai dari Aceh hingga Papua akan membawa kopi terbaik dalam bentuk green bean kemudian akan disangrai dan seduh lalu kita uji cita rasanya," tambah pria berkacamata ini.

Sementara untuk juri, tambah Iwan, KKSI akan menghadirkan juri dari dalam dan luar negeri. Mereka adalah taster kopi terbaik dunia yang hadir dan akan menguji cita rasa kopi asli Indonesia.

"Rencananya taster kopi dari Jepang, Jerman, Belanda, Brazil yang akan menguji kopi yang dikirimkan," jelasnya.

Ajang Kontes Kopi Spesialty Indonesia ini masuk dalam rangkaian agenda Banyuwangi Festival, "Ngopi Sepuluh Ribu Cingkir", yang akan digelar di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Banyuwangi, Selasa (20/10). Di ajang ini, sebanyak 10 ribu lebih cangkir kopi akan disuguhkan kepada masyarakat untuk diminum dan gratis. (Detik.com)

loading...

0 Response to "Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Kontes Kopi Nasional"