Banyuwangi Job Fair Hadirkan 10 ribu Lowongan Kerja


Banyuwangi job market fair 2015.
Banyuwangi job market fair 2015 (foto : Detik.com)
Sebanyak 56 perusahaan dari dalam luar negeri ikut ramaikan Job Market Fair (JMF) di GOR Banyuwangi. Kegiatan JMF diselenggarakan selama 3 hari mulai Jumat-Minggu (18-20/9/2015) dengan menawarkan 10 ribu lapangan pekerjaan dengan berbagai bidang keahlian.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Banyuwangi, Alam Sudrajat menjelaskan, lapangan pekerjaan yang ditawarkan pada JMF tahun ini bergerak di sektor pariwisata, kapal pesiar, industri, pertambangan, perbankan, kesehatan, retail dan disributor. Beberapa perusahaan nasional yang kini sudah beroperasi di Banyuwangi, seperti PT. BSI, PG. Glenmore, Bosowo dan lainnya juga ikut terlibat menawarkan peluang kerja bagi ratusan lulusan baru.

Selain dari dalam negeri, ada 10 Perusahaan Pengirim Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) yang menawarkan 2 ribuan peluang kerja di luar negeri dengan berbagai sektor formal. Dalam acara itu, Pemkab Banyuwangi memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para pencari kerja mulai lulusan SMA, SMK, Diploma, sampai Sarjana.

"Dibuka selama tiga hari mulai pukul 9.00-16.00 wib ada 10 ribuan lapangan pekerjaan yang ditawarkan pada job fair ini," kata Alam usai pembukaan JMF di Gor Tawangalun Banyuwangi, Jumat (18/9/2015).

Hari pertama JMF dibuka, ribuan warga yang mayoritas sarjana baru terlihat menjejali gerai-gerai perusahaan. Sambil menenteng beberapa lembar persyaratan, ribuan para pencari kerja terlihat aktif mengumpulkan data informasi sambil mengisi beberapa formulir pendaftaran yang dibutuhkan.

Ditempat yang sama, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menambahkan, kegiatan yang rutin digelar sejak 3 tahun lalu ini digelar untuk memberikan akses informasi lapangan pekerjaan hingga jangkauan pelosok daerah. Selain itu untuk pemetaan sektor kebutuhan lapangan pekerjaan di wilayahnya.

Data dari Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) pada 2011 yang dilakukan oleh BPS, jumlah penggangguran terbuka di wilayah Banyuwangi sebesar 3.4 persen atau lebih dari 1300 jiwa. Dan pada 2015, tingkat pengangguran terbuka turun sekitar dua persen.

Ditengah gempuran PHK massal sektor industri yang terjadi di berbagai daerah, diharapkan JMF 2015 mampu menyerap tenaga kerja baik dari dalam dan luar Banyuwangi. Selain gencar mengupayakan ketersediaan lapangan pekerjaan, Pemkab juga getol memberikan motivasi dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi pelajar dan pemuda Banyuwangi.

"Selain upaya menyediakan lapangan pekerjaan, kita menggandeng HIPMI untuk berikan motivasi pada anak anak SMA supaya bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Harapannya tahun depan angka pengangguran bisa turun hingga 1% dan banyak muncul wirausaha baru," tandas Anas.

Detik.com


loading...

0 Response to "Banyuwangi Job Fair Hadirkan 10 ribu Lowongan Kerja"