Banyuwangi International Run 2015, Berlari Dan Menikmati Pesona Wisata Banyuwangi


Lomba lari Banyuwangi International Run 2015.
Jumpa pers Banyuwangi International Run 2015 (foto: Kompas.com)
Pemerintah Banyuwangi bersama gerakan Berlari Untuk Berbagi (BUB) bakal mengggelar Banyuwangi International Run 2015. Targetnya diikuti sebanyak 1.000 orang peserta. Acara yang baru kali pertama diadakan itu akan diselenggarakan pada 17 Oktober 2015. Event ini menjadi salah satu rangkaian acara Banyuwangi Festival 2015.

Banyuwangi International Run 2015 ini mengangkat tema Run and Enjoy The Culture. Tema tersebut menggambarkan ajakan untuk berlari dan menikmati kebudayaan sekaligus keindahan alam Banyuwangi.

"Potensi Banyuwangi untuk menjadi destinasi wisata unggulan Indonesia sangatlah besar. Kami berharap acara ini dapat menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk datang, berlari, dan menikmati wisata Banyuwangi yang luar biasa memesona," ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, dalam konferensi pers di Senayan, Selasa (29/9/2015).

Menurut Direktur Umum Berlari Untuk Berbagi (BUB), Roestiandi Tsamanov, Banyuwangi merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri untuk ditunjuk sebagai penyelenggara lomba lari.

"Gagasan ini sungguh menarik, teman-teman di BUB selalu mencari tempat dan tantangan baru sebagai destinasi kami untuk berlari," ujar Roestiandi.

"Banyuwangi itu dekat dengan Bali, jadi ini potensi menjangkau para wisatawan untuk memperkenalkan Jawa," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Roestiandi mengajak seluruh pelari di Indonesia untuk berpartisipasi dalam event yang bertemakan Run and Enjoy The Culture tersebut.

"Para pelari tentu akan menemukan keunikan sendiri ketika berlari di Banyuwangi apalagi digelar pada hari Minggu. Dibandingkan di Jakarta, lebih enak di Banyuwangi. Mudah-mudahan acara ini pas dan diikuti banyak peserta," ujarnya.

Hal senada diutarakan pegiat olahraga lari, Sandiaga S. Uno. "Acara ini hadir sebagai bagian dari sport tourism di kota Banyuwangi yang sedang digandrungi banyak kalangan. Ini adalah contoh sport tourism jenis lari juga dapat diaplikasikan di kota Banyuwangi," ucapnya.

Dua kategori lari yang akan dilombakan pada Banyuwangi Internatonal Run 2015 yakni lomba lari 5 km dan 10 km.

Lari 5 km akan memulai rute dari Taman Sri Tanjung - Patung Monumen - Taman Blambangan/Alun-alun - Pantai Boom - Taman Sri Tanjung dimulai pukul 06.25 WIB.

Sedangkan lari 10 km dimualid ari Taman Sri Tanjung - Patung Monumen - kantor Pemkab Banyuwangi - Universitas 17 Agustus 2015 - Kementrian Agama - SMK PGRI 1 - Masjid Baitul Mustaqim - Taman Blambangan/Alun-alun - Pantai Boom - Taman Sri Tanjung dimulai pukul 06.15 WIB.

Pendaftaran Banyuwangi International Run 2015 dibuka mulai 16 September hingga 13 Oktober 2015. Total hadiah yang disediakan penyelenggara mencapai Rp 100 juta.


"Kami menargetkan 1.000 pelari yang terdiri atas penggiat dan komunitas olahraga lari, wisatawan sekaligus pengunjung dan masyarakat umum kota Banyuwangi dan sekitar untuk turut serta dalam event lari ini," ucap Sandiaga Uno.

Bola.com

loading...

0 Response to "Banyuwangi International Run 2015, Berlari Dan Menikmati Pesona Wisata Banyuwangi"