Serunya Festival Layang-layang Di Pantai Boom Banyuwangi


Festival Layang-Layang Banyuwangi 2015
Semaraknya Festival Layang-layang Banyuwangi resmi dibuka hari ini. Tak hanya menampilkan uniknya ragam budaya yang dituangkan dalam layang-layang, beberapa lomba yang melibatkan ratusan anak-anak juga ikut meramaikan suasana di Pantai Boom.

Pantauan detikTravel, ribuan warga Banyuwangi menyemut di area Pantai Boom. Sekitar 1.000-an anak TK hingga SD terlihatg asyik mengikuti lomba mewarnai dan menghias layang-layang sejak pukul 07.00 pagi. Sementara di pinggir pantai, sudah terlebih dulu dimulai lomba bandhetan umum.

Ragam corak layang-layang unik bermotif omprog gandrung, barong, hingga seblang, diterbangkan di langit Pantai Boom Banyuwangi. Angin kencang yang menerbangkan layang-layang ini seperti membuat layang-layang bermotif gandrung menari nari di udara. Tampak juga gelak tawa dari warga yang melihat serunya permainan layang-layang ini.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat membuka festival layang-layang mengungkapkan, permainan layang-layang ini menjadi pengingat pada masyarakat, terutama orang tua. Pasalnya, anak-anak kini mulai melupakan permainan tradisional dan beralih pada game di layar elektronik.

Anas yang mengaku terakhir bermain layang-layang saat masih SD itu berujar, banyak filosofi yang diangkat dari permainan layang-layang. Seperti semangat kebersamaan dan mengasah kreatifitas.

"Ini pengingat dan memberi ruang biar anak-anak gak main games terus. Layang-layang juga ada filosofi seperti adrenalinnya, spiritnya tumbuh, ada kreatifitas, seni, kebersamaan, dan olahraga juga," kata Anas sesaat setelah menerbangkan layang-layang miliknya di Pantai Boom, Sabtu (15/8/2015).
 
Salah satu layang-layang yang ikut dilombakan (foto : Detik.com)
Ragam khas corak budaya dalam layang-layang, kata Anas, seperti gandrung, seblang, omprok gandrung dan barong merupakan corak budaya hasil kreasi warga yang kelak bisa dijadikan cinderamata khas Pantai Boom Banyuwangi.

Melihat antusiasme warga yang terlibat dalam acara ini, Anas berencana akan mengembangkan Festival Layang-layang menjadi salah satu kegiatan tahunan yang mencitrakan Banyuwangi di mata internasional.

"Ini kegiatan tidak mahal, tapi melibatkan banyak orang. Kegiatan seperti ini baca potensi geografis Banyuwangi yang kita kreasikan dengan budaya lokal, menarik kan?" imbuhnya.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi Wawan Yadmadi menjelaskan, lomba layang-layang ini dibagi menjadi beberapa kategori. Pertama menerbangkan layangan ke udara, berapa lama layangan itu bisa terbang dan sampai dimana tingkat kesulitannya. Kedua, sambitan atau saling menggesek antar benang layangan di udara. Ketiga, adu sowangan (dengung suara layangan).

Layangan sowangan adalah layangan hias yang berpendar di angkasa yang mengeluarkan bunyi atau suara yang didapatkan dari tiupan angin.

"Beberapa kategori ini diperkirakan berlangsung sampai pukul 15.00. Sore harinya juga akan dilombakan bandhetan antar SKPD. Pada malam harinya pukul 18.00, festival layang layang sowangan akan dimulai," jelas Wawan.

Detik.com

loading...

0 Response to "Serunya Festival Layang-layang Di Pantai Boom Banyuwangi"