Poliwangi Serahkan Aset Rp 5,3 Miliar ke Kemenristek Dikti Untuk Pengembangan Pendidikan


Poliwangi buka prodi Pengelasan dan Jaringan.
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah menyerahkan aset Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) kepada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Aset yang diserahkan berupa aula Poliwangi dan landscape yang nilainya mencapai Rp 5,3 miliar.

"Dengan penyerahan aset berarti Poliwangi telah menjadi bagian dari 127 perguruan tinggi negeri di Indonesia yang dikelola oleh Kemenrisetdikti," ujar Direktur Poliwangi, Asmuji, saat dihubungi, Kamis (20/8/2015).

Dia menjelaskan, aset yang diserahkan termasuk semua sertifikat-sertifikat tanah dan bangunan yang ada di Poliwangi. Total luas lahan Poliwangi saat ini yang diserahkan sejumlah 9,5 hektar.
"Penyerahan aset dan sertifikat ini sangat penting sekali artinya bagi Poliwangi karena memberikan kepastian hukum bagi keberlangsungan pengembangan pendidikan Poliwangi kedepan," kata Asmuji.

Dia juga menjelaskan, untuk pengembangan Poliwangi ke depannya, dia telah mengajukan 40 hektar lahan kepada kementerian melalui dana APBN untuk perluasan Poliwangi.

Asmuji menjelaskan, dengan adanya kepastian hukum tersebut, Kemenristekdikti akan leluasa dalam mengembangkan berbagai program studi.

"Ada dua prodi yang merupakan amanat langsung dari Menteri Ristekdikti yang akan di keluarkan oleh Poliwangi yakni Prodi Pengelasan dan Jaringan," pungkas Asmuji.

Menurut Asmuji, Kementrian telah memiliki banyak rencana pembangunan di lokasi tersebut. "Misalnya saja kementrian mempunyai rencana untuk membangun berbagai laboratorium sains terapan untuk mendukung program studi yang baru disini. Seperti Laboratorium bidang agribisnis, dan pariwisata," katanya.

Asisten Administrasi Umum Pemkab Banyuwangi Fajar Suasana berharap pendidikan di Poliwangi akan semakin maju baik secara kualitas maupun kuantitas. "Kami berharap Poliwangi akan menyumbangkan SDM yang berkulitas bagi Banyuwangi dan menjadi magnet baru pendidikan bagi mahasiswa baru dari daerah lain sehingga ikut menjadi kan daerah lebih maju," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Jatmiko mengatakan, kementrian akan menghilirisasi kegiatan-kegiatan riset dan praktek industri untuk lebih dikembangkan lagi. "Ini sesuai dengan amanat Menteri Ristekdikti di mana kita ingin perguruan tinggi daerah dapat terus berkembang," katanya.

Kompas.com, Beritajatim.com

loading...

0 Response to "Poliwangi Serahkan Aset Rp 5,3 Miliar ke Kemenristek Dikti Untuk Pengembangan Pendidikan"