Jelang Lebaran, TKI Banyuwangi Kirim Uang 22 M


Kiriman uang TKI Banyuwangi
Jelang Lebaran, pengiriman uang oleh tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Banyuwangi melalui Kantor Pos Banyuwangi mengalami peningkatan hingga 20 persen.

Kepala Kantor Pos Banyuwangi Eko Sumaryanto menjelaskan, selama Januari hingga akhir Juni 2015, Kantor Pos Banyuwangi mencatat ada 228.220 transaksi pengiriman uang.

"Jika dibuat rata-rata, setiap bulan ada 38.000 transaksi pengiriman uang di 24 kantor pos yang ada di wilayah Banyuwangi. Jelang Lebaran ini ada peningkatan sekitar 20 persen," jelas Eko, Senin (6/7/2015).

Untuk transaksi bayar, Kantor Pos Banyuwangi mencatat per bulan rata-rata Rp 18 miliar uang yang dikirim ke Banyuwangi, dan jelang Lebaran mencapai RP 20 miliar sampai Rp 22 miliar uang yang dikirim melalui Kantor Banyuwangi.

"Kalau total sejak awal tahun pengiriman uang ke Banyuwangi senilai Rp 108,13 miliar, sedangkan uang yang dikirim dari Banyuwangi keluar sejak 6 bulan terakhir adalah Rp 908,44 juta, tidak sampai Rp 1 miliar," jelasnya.

Ia menjelaskan, jumlah pengiriman uang akan semakin meningkat saat mendekati Lebaran. Satu kantor pos di kecamatan per hari bisa melakukan transaksi pengambilan uang antara Rp 35 juta sampai Rp 50 juta.

"Mayoritas memang yang melakukan transaksi pengiriman uang adalah tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri yang mengirim uang untuk persiapan Lebaran keluarganya di kampung halaman," jelasnya.

Kompas.com

loading...

0 Response to "Jelang Lebaran, TKI Banyuwangi Kirim Uang 22 M"