Insentif RT/RW Di Banyuwangi Naik 100%


Insentif ketua RT/RW di Banyuwangi naik 100% jadi 1,2 juta per tahun.
Memahami jika tugas RT/RW di Banyuwangi tidak hanya menjadi pelengkap birokrasi, Pemkab Banyuwangi menaikkan insentif RT/RW hingga 100 persen.
Cara ini ditempuh untuk merangsang peningkatan pelayanan hingga level RT/RW seiring dengan program reformasi birokrasi di tubuh pemerintah daerah secara bertahap.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menjabarkan, Pemkab Banyuwangi telah menyerahkan insentif sebesar Rp 702,6 juta bagi 918 ketua RT dan 253 ketua RW kelurahan dari Kecamatan Banyuwangi, Giri, Kalipuro dan Glagah. Dana insentif untuk ketua RT/RW telah dinaikkan 100 persen dari Rp 600.000 menjadi Rp 1,2 juta per tahun.

Secara total, di Banyuwangi terdapat 12.258 RT/RW. Untuk RT/RW yang berada dalam lingkup desa, dana insentif dimasukkan ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Sedangkan RT/RW yang berada di lingkup kelurahan, dananya melalui APBD.

"Harapan kami menaikkan insentif mereka supaya kinerja pelayanan kepada masyarakat jadi lebih baik. Karena reformasi birokrasi jika hanya dilakukan di kabupaten, sedangkan di bawah tetap tidak diperbaiki, maka pelayanan kepada masyarakat tidak akan bisa optimal," terang Anas, Selasa (14/7/2015).
Total dana insentif ke ketua RT/RW yang mencapai miliaran rupiah itu, kata Anas, merupakan gabungan dari APBD dan menyesuaikan dengan kapasitas masing-masing APBDes.

Kedepan Pemkab Banyuwangi menyiapkan Peraturan Bupati (Perbup) baru yang mengatur tentang syarat-syarat menjadi pengurus RT/RW secara bertahap. Pemkab Banyuwangi juga akan menyiapkan pelatihan bagi pengurus RT/RW terutama untuk mensinkronkan dengan berbagai program Pemkab Banyuwangi. Anas berharap agar ketua RT/RW bisa menjadi jembatan dalam mengkomunikasikan program pemerintah daerah ke masyarakat.

"Misalnya pelayanan akta kelahiran berbasis teknologi informasi, ketua RT/RW harus memahami sistemnya, sehingga bisa menjelaskan ke masyarakat. Demikian pula untuk program-program lainnya," tandasnya.

Detik.com

loading...

0 Response to "Insentif RT/RW Di Banyuwangi Naik 100%"