Strategi Pembangunan Generasi Emas Banyuwangi Bertumpu Poltek Kemaritiman


Pembangunan Banyuwangi bertumpu pada poltek kemaritiman
Sejumlah lembaga pendidikan negeri telah hadir di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dalam empat tahun terakhir, yakni Universitas Airlangga (Unair) Kampus Banyuwangi, Sekolah Pilot Negeri, dan Politeknik Negeri.

Tahun depan pemerintah juga akan memulai pembangunan Politeknik Kemaritiman. Ini bagian dari strategi membangun karakter generasi emas Indonesia.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, tiga pilar penting yang harus dikuasai generasi muda. "Pertama, bidang ilmu sesuai minat masing-masing. Kedua, teknologi informasi. Ketiga, pemahaman spiritual yang mampu mendorong perubahan, toleran, dan tidak anti-perbedaan," katanya.

Anas mengatakan, Indonesia pada 2025 mulai akan mengalami bonus demografi di mana jumlah penduduk usia produktif jauh lebih besar dibanding usia non-produktif. Momen bonus demografi perlu dioptimalkan untuk mempercepat pembangunan sosial-ekonomi bangsa.

"Bonus demografi adalah momen yang tak boleh dilewatkan. Negara-negara yang kini maju, dulu bisa memanfaatkan momen bonus demografi untuk mempercepat pembangunannya. Karena itu, SDM-nya harus disiapkan sekarang," kata Anas.

Di Banyuwangi, sejumlah hal telah dilakukan, antara lain memfasilitasi tumbuh-kembangnya beragam fasilitas pendidikan, mulai dari kampus swasta sampai negeri.

Beritajatim.com

loading...

0 Response to "Strategi Pembangunan Generasi Emas Banyuwangi Bertumpu Poltek Kemaritiman"