Pembalap Hong Kong Rajai Etape Pertama Tour de Banyuwangi


Banyuwangi Tour de Ijen 2015
Pembalap Hong Kong, King Lok Cheung, menjadi yang tercepat menaklukkan etape pertama lomba balap sepeda berskala internasional, Tour de Banyuwangi Ijen, Rabu, 6 Mei 2015. Pembalap dari klub HKSI Pro Cycling Team Hong Kong itu mencatat waktu 3 jam 58 menit dan 34 detik untuk menempuh jarak 167 kilometer.

Dengan waktu yang hampir sama, pembalap Tunisia dari klub Skydive Dubai Pro Cycling Team, Raffa Chitoui, menempati urutan kedua. Sedangkan pada posisi ketiga adalah Ahmed Mirza Alham Yosuif Mohamed dari tim nasional United Arab Emirates, dengan selisih waktu 52 detik.

Sebagai pembalap tercepat, King Lok Cheung berhak mendapatkan jersey kuning. Adapun klasifikasi penanjak terbaik atau jersey tutul diraih Herwin Jaya dari tim tuan rumah BRCC. Klasifikasi poin terbanyak alias jersey hijau diraih Ahmed Mirza Alham Yosuif Mohamed dengan akumulasi 19 poin.

Balapan berlangsung ketat. Rute yang didominasi lintasan datar tersebut memperebutkan tiga kali poin intermediate sprint dan dua kali poin tanjakan.

Pada kilometer awal, pembalap-pembalap Indonesia merajai. Aiman Cahyadi dari Pegassus Cycling Team memimpin intermediate sprint pertama di kilometer 14. Begitu juga pada intermediate sprint kedua di kilometer 74,1 yang dipimpin pembalap tuan rumah BRCC, Herwin Jaya.

Pembalap asing baru mengejar pada intermediate sprint ketiga di kilometer 153,5, yang dipegang Raffa Chitoui. Pada titik tanjakan pertama, Herwin Jaya menyalip ketertinggalannya. Namun dia harus menyerah pada tanjakan kedua di kilometer 120, yang akhirnya dimenangi King Lok Cheung.

Sekitar 40 kilometer mendekati garis akhir, sepuluh pembalap meninggalkan rombongan besar di belakang. Rombongan terdepan ini pun kemudian pecah. Raffa Chitoui dan King Lok Cheung melaju tak terkejar ke barisan paling depan.

King Lok Cheung bercerita, dia akhirnya bisa mencuri sprint dari Raffa pada 500 meter menjelang finis. “Sulit bagi saya untuk menaklukkan etape satu ini,” kata Cheung, yang baru pertama kali mengikuti Tour de Banyuwangi.

Adapun Raffa menjelaskan kegagalannya disebabkan timnya tak kunjung muncul menjelang finis. Padahal, dalam lomba balap sepeda, sangat dibutuhkan kerja sama dengan pembalap lain yang berada dalam satu tim. “Dia (Cheung) memang bagus dan layak mendapatkan yellow jersey,” ujarnya.

Etape pertama hari ini diikuti 98 pembalap dari 20 tim, yang terdiri atas 14 tim luar negeri dan 6 tim dalam negeri. Etape tersebut diawali dari Lapangan Kecamatan Glenmore dan berakhir di Lapangan Blambangan.

Tempo.co

loading...

0 Response to "Pembalap Hong Kong Rajai Etape Pertama Tour de Banyuwangi"