Politeknik Kelautan Akan Dibangun di Banyuwangi


Politeknik kelautan Banyuwangi
Pemerintah pusat akan mendirikan politeknik kelautan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dengan anggaran Rp 150 miliar. Tahun ini pemerintah Banyuwangi menyiapkan 10 hektare lahan untuk kampus itu. “Pendirian kampus dimulai tahun depan,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Selasa, 21 April 2015.

Lahan yang disiapkan berada di Kecamatan Wongsorejo dan Kecamatan Muncar, milik pemerintah kabupaten. Pemerintah pusat akan memilih lokasi terbaik dari dua yang disiapkan pemda. “Lahannya nanti kami hibahkan ke pemerintah pusat.”

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Banyuwangi Agus Siswanto menjelaskan, pemkab memiliki 40 hektare lahan tak produktif di Kecamatan Wongsorejo. Sedangkan di Kecamatan Muncar ada 60 hektare yang saat ini dipakai Balai Latihan Kerja (BLK). “Tapi BLK sudah tidak aktif.”

Ketersedian lahan 10 hektare, kata Agus, menjadi syarat yang diberikan pemerintah pusat untuk mendirikan kampus negeri di daerah. Sedangkan alokasi anggaran untuk pembangunan gedung berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan Suseno Sukoyono menjelaskan, pemerintah akan membangun sepuluh politeknik kelautan dalam lima tahun. Sepuluh politeknik itu akan dikembangkan dengan standar internasional. Tujuannya agar lulusan politeknik itu mampu bersaing secara global.

Pemerintah siap menggelontorkan Rp 1,5 triliun untuk mendirikan sepuluh politeknik itu. Satu politeknik anggarannya Rp 150 miliar. Tahun ini, pemerintah siap membangun tiga politeknik kelautan masing-masing di Bone, Kupang, dan Karawang. 

Tempo.co

loading...

0 Response to "Politeknik Kelautan Akan Dibangun di Banyuwangi"