Bandara Blimbingsari Diperpanjang 2250 M


Bandara Blimbingsari Banyuwangi
Setelah 4 tahun beroperasi Bandara Blimbingsari Banyuwangi yang saat ini memiliki runway (landasan pacu) sepanjang 1.900 meter, akan diperpanjang di tahun ini hingga mencapai 2.250 meter.

Di tahun ini, Pemkab Banyuwangi mendapat kucuran dana dari APBN sebesar Rp 150 miliar untuk pengembangan sarana dan prasarana Bandara Blimbingsari. Di antaranya untuk perpanjangan runway juga pengembangan apron (tempat parkir pesawat, red) serta pembangunan berbagai alat keselamatan lainnya.

“Pemerintah pusat mengapresiasi perkembangan Banyuwangi yang cukup signifikan, melalui bantuan kucuran dana untuk pengembangan bandara salah satunya menambah panjang runway menjadi 2.250 meter dengan bantuan APBN,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat mendatangi pembukaan Kantor cabang Garuda Banyuwangi.

Ditambahkan Bupati Anas, dana bantuan tersebut diberikan berupa proyek yang saat ini sedang dilakukan proses lelang. Sementara, pembangunan dan pengembangan Bandara Blimbingsari dengan anggaran Rp 150 miliar tersebut dipastikan tuntas tahun ini.

Bupati Anas mengaku, masterplan perkembangan Bandara Blimbingsari tersebut hingga tahun 2019. Namun masterplan dirubah secepatnya, karena pertumbuhan di Banyuwangi diakui banyak pihak di luar prediksi.

“Pengembangan bandara dengan dana APBN  tuntas tahun ini, masterplan kita percepat sedangkan yang bisa mencatat perkembangan Banyuwangi adalah pihak dunia usaha yang berlanjut dengan pengembangan dunia penerbangan. Semua itu tak lepas dari citra positif yang terus dibangun Pemkab Banyuwangi,” pungkas Anas.

Sementara, dua maskapai penerbangan masing-masing Wing’s Air dan Garuda Indonesia saat ini beroperasi di Bandara Blimbingsari yang juga melayani 3 rute penerbangan setiap hari dengan tujuan PP Denpasar-Banyuwangi–Surabaya.

Beritametro.co.id

loading...

0 Response to "Bandara Blimbingsari Diperpanjang 2250 M"