Green Building Terminal Bandara Blimbingsari Ditarget Selesai 2015


Miniatur bandara hijau Blimbingsari, Banyuwangi.
Dinas Pekerjaan Umum Banyuwangi menerapkan konsep green building total pada pembangunan Terminal Bandara Blimbingsari.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Banyuwangi, Mujiono, saat ditemui di kantornya menyampaikan pembangunan Terminal Bandara Blimbngsari akan memenuhi kriteria konsep green building yang terdiri dari 6 kriteria yaitu tepat guna lahan, efisiensi energi, konservasi air, kenyamanan udara,siklus material, dan managemen lingkungan. Semua kriteria tersebut dihadirkan dalam desain dan bahan bangunan

"Semua yang menjadi kriteria Green Building sudah kami terapkan, seperti dari segi fungsi ruangan misalnya, kita hadirkan ruangan yang berfungsi banyak dan tepat untuk masyarakat seperti penyediaan rest room atau ruang pertemuan, dengan tujuan para tamu yang datang bisa mengadakan meeting disitu tanpa jauh-jauh ke kota, ruang khusus yang berfungsi untuk sitirahat para tamu yang sedang menunggu koleganya yang akan datang atau yang sedang mengantarkan kerabatnya, art shop sebagai tempat oleh-oleh khas Banyuwangi, dan cafee untuk santai sambil makan atau minum-minum , sedangkan lantai dua kita buatkan sebagai anjungan dan kantor maskapai penerbangan," paparnya, Selasa (27/01/2015).

Untuk memperkuat konsep green building sendiri, Mujiono menyampaikan Terminal Bandara Blimbingsari akan menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan mudah didapatkan di Banyuwangi seperti batu lempeng pada dinding-dinding terminal yang ditambah dengan sirkulasi air untuk menjaga udara supaya tetap dingin, pembuatan kayu jati pada kisi-kisi ruangan dan pemakaian rumput lokal pada roof gardennya.

"Kita upayakan selain desainnya bahannyapun harus ramah lingkungan yang bisa didapatkan dengan mudah diBanyuwangi sendiri, seperti nanti dindingnya akan kita lapisi dengan batu lempeng, kisi-kisi dan ornmennya dari kayu jati, dan atapnya kita buatkan taman dengan konsep roof gardennya dan kita pasangkan rumput lokal disana," jelasnya.

Mujiono menambahkan, nantinya Terminal Bandara Blimbingsari akan menjadi terminal bandara pertama di Indonesia yang menerapkan konsep green building secara total yang tetap mempertahankan kearifan lokal dan minim AC.

Launching terminal bandaranya sendiri rencananya akan dilaksanakan pada Oktober 2015. "Kalau yang sudah ada biasanya Bandara di Indonesia konsep bangunannya semi green building, maka disini kita coba green building total dengan tetap menampilkan kearifaan lokal Banyuwangi, misalnya pada ornamen-ornamen ruangannya yang akan didesain dengan kayu dengan motif Gajah Oling. Selain itu, desain bangunan yang sedemikian rupa nantinya akan menjadikan terminal Bandara Blimbingsari ini minim AC, sedangkan selesai pembangunan sekaligus pelauncinganya ditargetkan pada bulan sepuluh 2015 ini,” pungkasnnya.

Beritajatim.com

loading...

0 Response to "Green Building Terminal Bandara Blimbingsari Ditarget Selesai 2015"