Bupati Anas Ingin Banyuwangi Jadi Tempat Wisata Petik Buah Naga


Buah naga Banyuwangi.
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meminta ada koneksi antara pertanian khususnya hasil buah naga dengan pariwisata Banyuwangi. ‎Mengingat wilayah penghasil terbesar buah naga yakni, Kecamatan Bangorejo, Pesanggaran dan Tegaldlimo, dilewati banyak wisatawan dari Pulau Merah yang saat ini sebagai magnet wisata Banyuwangi.

"Adanya koneksi antara pertanian dan wisata harusnya ada di sini. Wisatawan bisa mampir dan membeli dan memetik langsung buah naga dari pohonnya," ujar Bupati di sela-sela panen raya buah naga di Desa Sambirejo Kecamatan Bangorejo, Sabtu (17/1/2015).

Wisata petik buah, kata Anas, sudah banyak dilakukan oleh daerah lain. Dirinya mencontohkan wisata petik buah strawberry di Bandung, menjadi magnet wisatawan dari Jakarta.

"Di Bandung ada wisata petik strawberry. Dan menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Sedangkan di Banyuwangi kenapa tidak kita buat wisata petik buah naga?," tanyanya.

Menurut Anas, tidak perlu adanya taman wisata buah di bangun untuk menjadi wisata baru. Namun dengan menyediakan lahan dan promosi, wisatawan bisa saja ditarik untuk singgah di kebun petani yang sedang berbuah.

"Tidak perlu ada ‎taman wisata buah. Nanti saya datang ke sini belum jadi. Cukup buat tempat yang layak dan nyaman. Wisatawan bisa metik dan makan buah naga di kebun langsung," tandasnya.

Sementara Ketua Asosiasi Buah Naga Banyuwangi Parmijan, mengaku petani buah naga di wilayah Bangorejo menyambut positif koneksi antara pertanian dan pariwisata tersebut. Menurutnya, banyak lokasi yang bisa dikunjungi wisatawan untuk memetik dan memakan buah naga di kebun.

"Kami siap, dan sudah ada lokasi yang layak untuk tempat wisata petik buah naga. Selain itu, ada beberapa buah naga yang juga kita tanam dipekarangan dan bisa di jual," ujarnya.

Menurutnya, panen buah naga ini bisa dilakukan hingga bulan Agustus mendatang. Untuk harga, disesuaikan dengan musim buah naga.

"Jika tidak waktu panen bisa mahal. Tapi jika panen raya seperti ini murah," pungkasnya.

www.detik.com 17 jan 15

loading...

0 Response to "Bupati Anas Ingin Banyuwangi Jadi Tempat Wisata Petik Buah Naga"