Di Bukan Empat Mata, Bupati Anas Memaparkan Kiat-Kiat Membangun Banyuwangi


Bupati Azwar Anas bersama Tukul Arwana dalam acara Bukan Empat Mata Trans7
Bupati AbdullahAzwar Anas menjadi bintang tamu dalam acara Bukan Empat mata yang di tayangkan oleh Trans 7, Rabu 3/9/2014. Untuk memenuhi undangan dalam acara yang di pandu oleh Tukul Arwana tersebut, Bupati Anas harus berangkat ke Jakarta pada Selasa (26/8), untuk selanjutnya di lakukan shooting.

Menurut Anas, managemen trans 7 sengaja mengundang pihaknya dalam acara fenomenal tersebut, karena Banyuwangi dinilai telah berhasil memajukan masyarakat dan daerahnya di berbagai bidang, salah satunya mengurangi angka kemiskinan di banyuwangi menjadi 9 persen yang beberapa waktu lalu, juga diakui oleh presiden SBY dalam paripurna peringatan HUT RI ke-69 tahun.

Selain itu, manageman trans TV juga mengapresiasi terkait pengembangan SDM masyarakat Banyuwangi termasuk juga pertumbuhan ekonomi serta pengembangan pariwisata di Banyuwangi yang dianggap memiliki kemajuan cukup pesat. 
Bupati Banyuwangi Azwar Anas jadi bintang tamu acara Bukan Empat Mata Trans7 yang dibawakan oleh Tukul Arwana

Dalam tayangan yang bertema “Pemimpin Masa Depan” tersebut Anas banyak memaparkan keberhasilan pembangunan yang telah diraih Banyuwangi dalam beberapa tahun terakhir ini.  Kemiskinan menjadi PR pertama yang ingin dituntaskan.  “Tidak ada gunanya ekonomi kita tumbuh tapi kemiskinan juga bertambah,” tegas Anas.

Karena itu kemiskinan menjadi target kami dan ini berhasil berkat dukungan banyak pihak, antara lain berupa private partnership, lanjutnya. Dengan gotong royong bareng-bareng yang miskin bisa berkurang. Terbukti dengan bantuan banyak orang tanpa APBD, banyak program yang bisa dijalankan.
Bupati Banyuwangi Azwar Anas jadi bintang tamu acara Bukan Empat Mata Trans7 yang dibawakan oleh Tukul Arwana

Menjawab pertanyaan Tukul Arwana tentang kebijakannya yang mensyaratan IPK minimal 3,5 bagi calon PNS, Anas menjawab, ingin Birokrasi harus bisa melayani namun hal ini harus ditunjang oleh SDM yang baik. Kalau sebelumnya PNS banyak yang diangkat secara otomatis setelah menjadi tenaga honorer. Lalu selama ini PNS seperti orang yang sudah tidak diterima dimana-mana baru melamar jadi PNS. Dengan kondisi demikian PNS kita tidak bisa bersaing dengan perbankan dll. Maka ia pun mempunyai kriteria yang ketat agar dapat merekrut SDM yang baik, yaitu IPK minimial 3,5. Dengan persyaratan tersebut banyak lulusan terbaik PT dari berbagai daerah tertarik menjadi PNS Banyuwangi.
Bupati Banyuwangi Azwar Anas jadi bintang tamu acara Bukan Empat Mata Trans7 yang dibawakan oleh Tukul Arwana

Menyinggung keberhasilan Banyuwangi mempersembahkan piala Adipura dua kali berturut-turut pada 2013 dan 2013, Anas menjelaskan dengan ilustrasi. Pertama kali orang datang ke suatu kota yang dilihat pertama kali adalah wajah kotanya dalam arti kebersihannya. Maka soal kebersihan ini menjadi program prioritasnya. 

Hal ini ditempuh dengan cara mengajak semua pihak bekerjasama, termasuk memberdayakan tukang sapu yang menjadi ujung tombak kebersihan dengan mengasuransikan dan mengumrohkan secara bergantian. Hasilnya pun bisa dirasakan seluruh masyarakat. Dengan bercanda Anas mengatakan, “kalau dulu tukang sapu bekerja ada truk lewat, minggir, sekarang tidak minggir, karena diasuransikan”.

Namun lanjut Anas, targetnya bukan hanya Banyuwangi menjadi bersih tetapi juga hijau. Hal ini diwujudkan dengan pembangunan bandara Blimbingsari yang menganut konsep hijau.  Selain itu juga melibatkan peranserta masyarakat dalam program penghijauan. Misalnya pasangan yang akan bercerai wajib menanam pohon, begitu juga PNS yang akan naik pangkat juga harus menyerahkan pohon. Semua pengajuan bantuan sosial tidak bisa menyerahkan proposal kedua sebelum tanaman tumbuh di sekitarnya.

Menyimak berbagai keberhasilan dan prestasi pembangunan Banyuwangi di bawah Anas, Tukul si pembawa acara Bukan Empat Mata Trans7 pun tak lupa mengajak penonton di studio mendoakan agar Anas bisa menjadi presiden. “Kita doakan 5 tahun mendatang jadi presiden,” ujarnya.



loading...

0 Response to "Di Bukan Empat Mata, Bupati Anas Memaparkan Kiat-Kiat Membangun Banyuwangi"