Jokowi Minta Kepala Daerah Belajar Dari Bupati Anas


Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas meriah penghargaan Inspiration Young Leader 2014.
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas kembali mendapatkan penghargaan 11 Inspiration Young Leader (IYL) 2014 dari salah satu portal berita online. Sebelumnya, di awal tahun ini Azwar Anas, juga pernah mendapat penghargaan Democracy Award dari Rakyat Merdeka Online.

Anas terpilih menjadi IYL 2014 berdasarkan rekomendasi pembaca dan penjurian yang dilakukan lewat media online. Selain Anas ada 10 orang lainnya yang mendapat penghargaan serupa.

Anas mendapat penghargaan dalam kategori penyelenggara daerah yang dianggap berhasil membawa perubahan dengan ” Membangun Banyuwangi Lewat Partnership”. Konsep partnership diyakini Bupati Anas sebagai cara cepat dalam membawa kemajuan sekaligus mengurangi angka kemiskinan di daerah.

“Kami menyadari dana  APBD  tidak akan bisa mencukupi semua anggaran yang diperlukan untuk membangun Banyuwangi. Untuk itu kami melibatkan pihak ketiga untuk mengcover program-program yang belum masuk maupun yang telah ada di dalam APBD untuk mencapai hasil yang maksimal,” ungkap Anas di Kemang Village, Jakarta Selatan, Sabtu (23/8) malam.

Piala penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Terpilih RI Joko Widodo. Secara khusus, Jokowi mengimbau agar seluruh kepala daerah yang ada di Indonesia mencontoh kinerja Anas dan dapat belajar dari mantan anggota DPR RI itu.

"Saya tahu mereka ini adalah orang yang terpilih di bidangnya. Seperti Bupati Banyuwangi ini, Pak Anas. Saya harap ilmunya dapat ditularkan kepada semua pemimpin daerah yang lain," kata Jokowi. 

Abdullah Azwar Anas memiliki rekam jejak panjang di legislatif (politik), sebelum duduk di eksekutif. Ia pernah menjadi anggota MPR periode 1997-1999 dan anggota DPR RI pada periode 2004-2009.

Pria kelahiran Banyuwangi, 6 Agustus 1973 ini dinilai berhasil membawa perubahan di tempat kelahirannya itu. Ia membangun 'Kota Gandrung' tersebut dengan mengusung partnership (kemitraan) dengan warganya.

"Ini hasil kerja masyarakat, ini kerja kolektif. Saya hanya mendorong, apa yang kami kerjakan karena ada dukungan dari masyaraakat yang luar biasa, kuncinya partisipasi publik. Kegiatan-kegiatan yang berbasis partisipasi publik hasilnya luar biasa," ucap Azwar Anas kepada awak media.


Rmol.co, Gatra.com

loading...

0 Response to "Jokowi Minta Kepala Daerah Belajar Dari Bupati Anas"