Benarkah Ahok Incar Anas Jadi Wagub DKI?


Ahok incar Bupati Banyuwangi Azwar Anas jadi wakilnya.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kerap menyebutkan nama sejumlah figur yang memungkinkan mengganti posisinya sebagai wakil gubernur nanti jika ia sudah menjabat Gubernur DKI. Selain beberapa nama yang telah beredar, kali ini mantan Bupati Belitung Timur itu melirik Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Alasannya, Ahok ingin figur yang berpengalaman di eksekutif atau pemerintahan yang mendampinginya memimpin Jakarta nanti.
"Kita maunya pengalaman eksekutif. Aku sama semua partai temenan, PKB mau mencalonkan kader juga boleh. Azwar Anas yang Bupati Banyuwangi itu bagus juga," ucap Ahok di Balaikota Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Ahok menilai Azwar cocok menjadi wakilnya nanti karena merupakan pekerja keras, tak terima suap, dan taat konstitusi. Ahok sendiri mengenal Azwar ketika beberapa bulan lalu bertemu di sebuah kegiatan yang digagas Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal. Sejak itu, dia, Azwar, dan 5 kepala daerah lainnya tergabung dalam 'geng' pemimpin muda.

"Banyak tokoh di Indonesia yang seperti itu, banyak kepala daerah yang telah teruji. Azwar Anas bagus," ucap Ahok sebagaimana dilansir portal Liputan6.com.

Tapi jika dilihat dari partai yang berhak mengajukan usulan calon wakil gubernur DKI, yakni PDIP dan Gerindra, peluang Azwar tampak tidak besar. Tapi lepas dari pertimbangan partai politik pengusungnya, masyarakat Banyuwangi sendiri tampaknya tidak sreg jika Azwar Anas menjadi Wabug Jakarta mendampingi Ahok.

Hal ini setidaknya tampak dari respon fesbukers yang tergabung dalam grup Facebook “Banyuwangi Bersatu” , menanggapi berita tentang disebutnya nama Azwar Anas sebagai salah satu kandidat Wagub DKI. Sampai tulisan ini dibuat, dari 37 respon yang masuk, mayoritas tidak setuju Anas menjadi Wagub-nya Ahok dengan berbagai alasan. Sebagian diantaranya berpendapat, figur Anas masih dibutuhkan untuk membangun Banyuwangi. Seperti dikatakan pemilik akun Liliek Damasetyawati, “Pak Aswar Anas , untuk BWI dulu,,,karena baru setengah perjalanan,agar BWI sucees full..”.

Pemilik akun Yusril Amal mengingatkan, “Pak Anas harus konsisten.. Jangan tergiur dengan jabatan yang lebih tinggi.” Pendapat lain dari Frida Djiwoutomo yang tidak setuju Anas menjadi Wagubnya Ahok, karena menurutnya Anas tidak setipe dengan Ahok. Pendapat berbeda dikemukakan Samosa Jaya. “Menjadi wagub bisa membunuh karir politik nya, mending bupati satu periode lagi baru nyagub Jatim, “ katanya.
Pemilik akun Dot Net ComPro punya analisa menarik. Menurutnya, dengan usia Anas yang masih muda dan rekam jejaknya sampai saat ini, jalan untuk mengabdi ke negara masih panjang.

Karena itu ia menyarankan agar Anas menyelesaikan amanahnya dulu sebagai Bupati Banyuwangi sebelum nantinya menapaki karir politiknya lebih lanjut sebagai Gubernur Jawa Timur, bahkan jika ditakdirkan, bisa saja menjadi RI 1.

"Apabila suatu saat nanti itu terjadi, bukan kah  pengalaman pak Anas sudah lengkap, beliau mengerti dan mengalami sendiri berbagai persoalan di tingkatan birokrasi, tentu akan mempermudah beliau dalam menjalankan tugas nya," tulisnya.

Apapun bisa terjadi dalam perpolitikan Indonesia yang sangat dinamis. Kita tunggu saja perkembangannya. Apakah itu hanya sebuah pepesan kosong atau menjadi kenyataan sejarah.

Ungkapan hati laros fesbukers tadi barangkali dapat dimaknai sebagai simbolisasi dari asa, harapan dan kecintaan masyarakat Banyuwangi terhadap pemimpin daerahnya.

loading...

0 Response to "Benarkah Ahok Incar Anas Jadi Wagub DKI?"