Pemkab Banyuwangi Terima Penghargaan UMKM dari Presiden SBY


Pemkab Banyuwangi menerima penghargaan UMKM dari Presiden SBY
Komitmen dan program nyata bidang pengembangan koperasi dan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) yang dicanangkan Pemkab Banyuwangi, mendapat apresiasi dari Presiden SBY.

Pemkab Banyuwangi memperoleh penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden SBY atas berbagai program pengembangan koperasi dan UMKM di Banyuwangi. Tahun lalu, Banyuwangi juga memperoleh penghargaan Satya Lencana Wira Karya dan Bhakti Koperasi.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Alief Rachman mengatakan, Banyuwangi dinilai berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui perkoperasian dan UMKM.

"Koperasi adalah soko guru perekonomian. Dan UMKM adalah sabuk pengaman perekonomian. Kalau dua-duanya dikembangkan, ekonomi rakyat bakal bergeliat," ujar Alief kepada wartawan, Kamis (17/7/2014).

Di Banyuwangi, lanjut Alief, jumlah koperasi aktif dan sehat mencapai 722 lembaga dari 866 lembaga koperasi yang ada. Sedangkan sisanya yang berjumlah 134 lembaga merupakan koperasi yang tidak aktif. Di sektor UMKM, terdapat 296 ribu unit UMKM pada 2013, naik dibanding 2012 sebesar 120 ribu unit.

"Kami melakukan pengembangan dengan dua pendekatan, yaitu finansial dan non-finansial. Pendekatan finansial ini terkait dukungan pembiayaan, baik dengan dana bergulir maupun kita dorong ke perbankan. Pemkab Banyuwangi sudah menjalin kesepakatan dengan sejumlah bank untuk merelaksasi pembiayaan ke UMKM," jelasnya.

Adapun pendekatan non-finansial, sambung Alief, difokuskan pada peningkatan daya saing dengan pelatihan dan pendampingan. Para koperasi dan UMKM dilatih dan didampingi dalam hal manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan diversifikasi produk.

"Termasuk kami dampingi untuk ciptakan nilai tambah produk. Misalnya, bagaimana UMKM perikanan bisa punya produk baso ikan," ujarnya.

Selain dari Presiden SBY, Banyuwangi juga menerima penghargaan sebagai Koperasi Berprestasi Nasional Jenis Usaha Konsumen, yang diserahkan Menteri Koperasi dan UKM RI, Syarifuddin Hasan. Koperasi yang berhasil mengantarkan Banyuwangi menerima penghargaan ini adalah KPRI Bina Karya Gambiran.

"KPRI Bina Karya ini dinilai sebagai koperasi terbaik dan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki koperasi lain. Di antaranya adminitrasinya yang bagus, volume usaha yang tinggi, serta kredit macetnya relatif kecil," tandas Alief.

Detik.com

loading...

0 Response to "Pemkab Banyuwangi Terima Penghargaan UMKM dari Presiden SBY"